Enaknya Durian Tanpa Duri, Durian Botak Namanya Mantap Nih

Enaknya Durian Tanpa Duri, Durian Botak Namanya Mantap Nih

Durian botak nih durian tanpa duri, durian gundul atau buah gundulan berasal dari daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat durian tanpa duri dan disebut durian botak ini memiliki keunikan, yaitu terletak pada buahnya yang tidak memiliki duri seperti buah durian pada umumnya, sehingga dapat mempermudah dalam penanganan pasca panen.

Bentuk buahnya sekilas seperti tempurung kelapa, ukurannya sebesar buah melon dengan bobot 800 sampai 900 gram, buah matang mengeluarkan aroma khas durian. Ini memang durian tapi tanpa duri, rasa daging buahnya enak dan manis dengan kandungan gula 14-15 derajat brix.

Ketebalan daging buah 0,5 cm seperti daging buah durian lokal pada umumnya dan berwarna kuning terang dengan produktifitas dapat mencapai 200 400 kg per pohon per tahun. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah sampai sedang dengan ketinggian 250 700 dpl.

Tanaman durian gundul ini merupakan tanaman durian yang mengalami mutasi bentuk oleh alam sehingga duri-duri di sekujur kulitnya tidak ada. Durian adalah salah satu buah yang terkenal dngan kelezatannya serta memiliki rasa dan harga yang spesial.


Pengelola Taman Wisata Mekarsari, Bogor, Jawa Barat, mengembangkan jenis buah durian tanpa duri yang langka asli asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Durian gundul merupakan buah langka asli NTB yang dikembangkan oleh peneliti di Taman Wisata Mekarsari,” kata Kepala Seksi Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Wisata Mekarsari, Catherina Day di Jakarta, Selasa.

Catherina mengatakan, peneliti berhasil memperbanyak tanaman durian gundul (Durio zibethinus) melalui proses vegetasi, yakni grafting dan okulasi. Peneliti di Mekarsari berhasil memperbanyak jumlah bibit durian gundul hingga mencapai 1.000 tanaman dan dipasarkan kepada pengunjung dengan harga Rp 40.000 per bibit.

Catherina menuturkan, pengelola Taman Wisata Mekarsari juga mengembangkan ratusan jenis bibit tanaman buah langka asli lokal, seperti nangka tanpa kulit asli Bekasi (Jawa Barat), nangka tikus, serta melon kotak (Cucumis melo).

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar