Bunga Langka di Dunia Hampir Punah Kalau Tidak Dilestaikan Habitatnya

Daftar bunga langka di dunia yang hampir punah, bisa saja bunga-bunga ini akan punah jika habitatnya tak lagi ada. Bunga merupakan hadiah dari alam yang sangat indah dengan berbagai macam jenis. Masing-masing jenis bunga memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Bunga Langka di Dunia

Mulai dari warna, bentuk, ukuran dan kemampuan khususnya. Dari sekian banyak bunga yang ada di seluruh dunia, ada beberapa bunga yang jumlahnya sangat sedikit dan sangat sulit untuk ditemukan, berikut daftar bunga paling langka di dunia dan hampir punah.

Youtan Poluo
Bunga misterius yang memiliki nama Youtan Poluo dikatakan dapat tumbuh pada baja. Bunga ini ditemukan di bawah mesin cucu di Gunung Lushan, Provinsi Jiangxi, Cina.

Bunga Youtan Poluo

Menurut mitos India dan kitab Buddha, bunga misterius ini hanya mekar selama 3.000 tahun sekali. Tidak heran dengan waktu mekar begitu lama, bunga ini sangat sulit untuk ditemukan.

Lupinus Perennis
Lupinus Perennis atau dikenal juga dengan sebutan Blue Lupine merupakan tanaman obat dari keluarga Fabaceae.

Bunga Lupinus Perennis

Karena industrialisasi yang meluas, terutama di Amerika Serikat bagian timur, populasi bunga ini kini menurun drastis. Penurunan populasi bunga ini dikarenakan hilangnya habitat dan fragmentasi habitat.

Silversword
Bunga silversword (Argyroxiphium sandwicense) ditemukan di pulau Maui pada ketinggian 6.900 kaki (2.100 m) di gunung berapi aktif, Haleakalā.

Bunga Silversword

Bunga ini dilundungi oleh undang-undang federal karena populasinya yang terancam punah. Populasinya yang hampir punah dikarenakan pengembangan sapi dan kambing yang berlebihan.

Showy Lady Slipper
Showy Lady's Slipper (Cypripedium reginae) adalah bunga anggrek asli Amerika Utara. Tanaman langka ini bisa dibilang sudah punah karena hilangnya habitat.

Bunga Showy Lady Slipper

Bunga ini sangat sulit untuk dibudidayakan, bahkan Charles Darwin gagal budidayakan tanaman ini. unikbaca.com

Seven-Son
Seven-son Flower (Heptacodium miconiodes) merupakan salah satu tanaman hias yang populasinya terancam punah.

Bunga Seven-Son

Jenis bunga langka ini ditemukan pada tahun 1907 di Provinsi Hibei di Cina bagian tengah oleh seorang bernama Wilson. Bunga Seven Son sangat langka ditemukan karena habitat bunga ini menghilang.

Schweinitz Sunflower
Helianthus schweinitzii atau dikenal juga dengan sebutan Schweinitz's sunflower adalah salah satu jenis bunga liar yang termasuk dalam keluarga bunga matahari.

Bunga Schweinitz Sunflower

Hanya ada sekitar 90 populasi yang diketahui selama ini. Bunga ini menjadi sangat sulit untuk ditemukan karena populasinya yang hampir punah.

Middlemist Merah
Berasal dari Cina, Jepang dan Korea, Middlemist Merah (Camellia japonica) hanya dapat ditemukan di Chiswick House Gardens di London, Inggris dan di sebuah taman yang terletak di Selandia Baru pada tahun 2010. Bunga ini juga termasuk bunga paling langka di dunia.

Bunga Middlemist Merah

Anggrek Hantu
Anggrek hantu atau dalam bahasa inggrisnya Ghost Orchid merupakan salah satu jenis anggrek yang memancarkan bau harum dan mekar antara bulan Juni dan Agustus.

Bunga Anggrek Hantu

Bunga ini ditemukan di sebuah hutan di Kuba dan Florida. Negara bagian Florida memberlakukan hukum yang melindungi jenis bunga langka ini.

Bunga Bangkai
Bunga bangkai (Amorphophallus titanium) dianggap sebagai bunga terbesar di dunia. Namun, bunga bangkai ini sering mengeluarkan bau busuk yang tidak enak.

Bunga Bangkai

Bunga ini dapat ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia. Bunga bangkai kini populasinya semakin berkurang dan hampir sangat sulit untuk ditemukan. www.unikbaca.com

Cape Sundew
Cape sundew termasuk dalam jenis tumbuhan karnivora yangberasal dari Afrika Selatan.

Bunga Cape Sundew

Bunga ini memangsa serangga dengan perangkap yang dimilikinya atau disebut dengan arthropods yang sangat lengket. Cape sundew juga termasuk bunga yang hampir punah.
Bunga Langka di Dunia Hampir Punah Kalau Tidak Dilestaikan Habitatnya Bunga Langka di Dunia Hampir Punah Kalau Tidak Dilestaikan Habitatnya Reviewed by Kendawangan on 11/04/2012 11:21:00 PM Rating: 5