Fakta Unik Tentang Presiden Obama

Inilah beberapa fakta unik tentang presiden Obama. Tahukah anda bila Barack Hussein Obama atau Barack Obama merupakan keturunan Afrika Amerika pertama yang menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, sebelumnya ia juga merupakan keturunan Afrika Amerika pertama yang dicalonkan oleh sebuah partai politik besar Amerika untuk menjadi Presiden. Hal ini cukup menarik, dimana isu SARA tentang perbedaan warna kulit ternyata masih ada sampai sekarang bahkan di negara besar dan semaju Amerika Serikat.

Fakta Unik Tentang Presiden Obama

Isu ini hampir selalu mewarnai Pemilu Amerika Serikat. Dan Barack Obama mencetak sejarah sebagai anggota partai Demokrat berkulit hitam yang menjadi Presiden dengan mengantongi 297 suara, sedangkan lawannya John Mc Cyne hanya memperoleh 193 suara.

Barack Obama ternyata lebih banyak menggunakan tangan kirinya daripada tangan kanannya atau dengan kata lain “kidal”. Hal ini semakin memperkuat asumsi bahwa orang-orang kidal diasosiasikan sebagai orang-orang yang luar biasa. Ada yang berpendapat bahwa orang-orang kidal cenderung hebat di bidang musik, matematika dan politik. Chris Mc Mynus, Profesor Psikologi dan Pendidikan di University College London, memaparkan data bahwa empat dari tujuh Presiden Amerika terakhir bertangan kidal dan Obama merupakan Presiden kidal ke-enam pasca perang.Unik Baca

Daya tarik sihir Harry Potter ternyata tidak saja memukau anak-anak, orang tua seperti Barack Obama pun ternyata penggemar setia rangkaian kisah penyihir cilik karangan Jeke Lorick ini. Obama rutin membaca kisah Harry Potter bersama dengan putri sulungnya Malia yang berusia 9 tahun. Bahkan Barack tidak segan-segan mengubah jadwal kerjanya agar dapat membaca bersama anak-anaknya.

Saat diwawancarai oleh koran Inggris, Telegraph, Michele istri Obama mengakui bahwa suaminya selalu membaca buku Harry Potter bersama anak-anaknya setiap akhir pekan selama satu jam usai makan malam hingga menjelang waktu tidur. Obama juga mengajak putri-putrinya untuk menonton versi filmnya. Tidak hanya kisah Harry Potter, Barack juga mengkoleksi komik Spiderman dan Conan The Barbarian.Unik Baca

Kecintaan Barack pada Indonesia nampaknya sudah terjalin begitu erat, ini dapat dilihat dari cincin kawin yang dikenakan Presiden Amerika Serikat ini. Menurut majalah New York Time cincin kawin Obama asli buatan Indonesia. Pada upacara pernikahannya 3 Oktober 1992, Obama memegang 2 buah cincin kawin, cincin kawin Michele berbentuk tradisional sementara cincin Obama memiliki desain ukiran emas yang rumit yang asli buatan Indonesia.

Di balik figur Obama yang terkesan sempurna ternyata ia juga manusia biasa yang tak luput dari kebiasaan buruk. Salah satu hal negatif yang pernah dilakukannya semasa muda adalah mengkonsumsi narkoba. Barack Obama pernah membuat pengakuan tertulis bahwa dirinya pernah menjadi pecandu narkoba atau junky. Pengakuan ini ia tulis dalam buku Dreams From My Father : A Story of Race And Inheritance yang diterbitkan pada tahun 1995.

Buku ini ia terbitkan satu tahun sebelum ia terjun ke dunia politik sebagai senator di Elynois. Obama mengakui pernah menggunakan kokani pada saat sekolah menengah atas di Hawaii. Kebiasaan buruk lainnya adalah Obama tidak dapat meninggalkan kebiasaannya untuk sering atau selalu mengecek BlackBerrynya.

Tahukan anda bila Barack Obama telah dua kali menjadi pemenang Grammy Award. Ternyata Grammy Award tidak hanya memberikan penghargaan pada penyanyi dan pemusik profesional saja, tetapi juga memberikan penghargaan khusus untuk seni dan budaya juga untuk kalangan politisi. Dalam beberapa tahun ini Barack Obama-lah politisi yang paling banyak memenangkan penghargaan Grammy Award dalam kategori Audio Book.Unik Baca

Barack mendapat penghargaan untuk kedua kalinya kategori Best Spoken Word Album. Berkat bukunya yang berjudul The Audacity of Hope: Thoughts on Reclaiming the American Dream yang terbit tahun 2006 dan buku pertamanya Dreams from My Father yang terbit tahun 1995. Tahun ini Obama mengalahkan dua pesaing terkuat yakni Mantan Presiden di masa yang berbeda yaitu Jimmy Charter dan Bill Clinton.

Presiden Amerika Barack Obama ternyata juga pecinta binatang, ini terbukti sejak kecil ia hoby memelihara binatang. Berbeda dengan anak-anak lainnya yang memilih hewan peliharaan anjing atau kucing, Obama kecil memelihara buaya kecil dan monyet. Obama sendiri yang merawat dan memberi makan semua hewan peliharaannya tersebut. Tata adalah nama monyet yang sempat dipelihara Obama kecil saat ia masih tinggal di Indonesia.