Kucing Dengan Warna Mata yang Berbeda

Kucing Dengan Warna Mata yang Berbeda

Sungguh unik dan menggemaskan kucing dengan warna mata yang berbeda ini, mengapa kucing dengan warna mata yang berbeda antara kiri dan kanannya bisa terjadi. Tidak hanya pada kucing hewan lain bahkan manusia sekalipun dapat mengalami perbedaan warna mata ini. Menurut ilmu biologi, melanin atau pigmen yang terdapat pada iris lah yang menentukan warna iris mata.

Tapi bagaimana melanin bisa mengatur warna iris yang terlihat, lalu bagaimana warna mata bisa diturunkan. Kita lihat dulu bagaimana susunan iris dari depan ke belakang. Yang atas adalah lapisan depan dan yang paling bawah adalah lapisan belakang iris.

Lapisan paling depan adalah lapisan batas anterior, yang banyak mengandung pigmen coklat atau melanin. Lapisan yang berada tepat di belakangnya adalah lapisan stroma trabekular yang mengandung serat kolagen, lapisan ini berwarna biru kelabu.

Lapisan yang berada di belakangnya lagi adalah pembuluh darah iris, yang berwarna kemerahan. Tiga lapisan berikutnya, lapisan otot sfingter, dilator, dan pupil, tidak berperan dalam menentukan warna iris. Jadi di antara tiga lapisan yang menentukan warna iris, lapisan paling depan berwarna coklat, lapisan berikutnya berwarna biru kelabu, dan lapisan berikutnya merah.

Bagaimana Warna Mata Diturunkan?
Banyak yang masih mengira warna mata diatur oleh gen tunggal. Salah! Warna mata sebenarnya diatur multigenetik. Konsep yang dianggap paling mudah untuk menjelaskan bagaimana warna iris diturunkan secara herediter adalah konsep hereditas 2 alel seperti ini.

Kelainan Pada Iris Mata (Heterochromia)
Penggemar serial Final Fantasy pasti kenal dengan tokoh wanita cantik bawah. Yuna, salah satu tokoh utama pada Final Fantasy X dan Final Fantasy X-2. Disitu digambarkan bahwa Yuna memiliki dua warna mata yang berbeda, yaitu warna hijau untuk mata kanan, dan warna biru untuk mata kiri.


Disebutkan bahwa Yuna adalah keturunan dari Al-bhed dan manusia. Tapi itukan hanya fiksi, terjadi di film dan game saja, ternyata itu juga ada di dunia nyata. Oleh dunia medis, memiliki dua warna mata yang berbeda itu disebut Heterochromia Iridium. berikut penjelasannya :

Warna mata ditentukan oleh jumlah melanin, suatu pigmen coklat gelap, yang terdapat dalam bagian mata yang disebut "iris". Mata berwarna biru adalah disebabkan oleh sedikitnya jumlah melanin, sementara mata berwarna coklat menunjukkan iris dengan kandungan melanin yang banyak.

Orang-orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih gelap memiliki lebih banyak melanin sehingga mereka memiliki mata berwarna coklat, sementara orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih pucat memiliki jumlah melanin yang lebih sedikit sehingga biasanya memiliki warna mata yang lebih terang.

Saat seorang individu memiliki jumlah melanin yang berbeda pada setiap iris di mata mereka, maka mata mereka pun akan memiliki warna yang berbeda. Hal ini disebut sebagai Heterochromia Iridium. Heterochromia Iridium ini secara relatif termasuk jarang untuk manusia, tetapi termasuk umum pada beberapa binatang seperti kuda, kucing, dan beberapa spesies anjing.

Heterochromia Iridium diduga sebagai akibat dari perubahan pada satu dari beberapa gen yang mengatur warna mata. Heterochromia Iridium ini juga bisa merupakan keturunan, walaupun trauma dan beberapa jenis pengobatan dapat juga mengakibatkan peningkatan maupun penurunan pigmentasi pada salah satu iris. Beberapa jenis sindrom medis, misalnya Waardenburg Syndrome, juga dapat mengakibatkan seseorang untuk memiliki dua warna mata yang berbeda.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar