Pembangkit Listrik Tenaga Tumbuhan Sekarang Diteliti dan Dikembangkan

Pembangkit Listrik Tenaga Tumbuhan Sekarang Diteliti dan Dikembangkan

Pembangkit listrik tenaga tumbuhan akan segera dikembangkan dan diteliti lebih lanjut. Pernahkah anda berpikir bahwa tanaman dapat menghasilkan arus listrik, sumber listrik baru telah dikembangkan oleh Marjolein Helder dari Universitas Wegeningen Belanda.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pada saat tumbuh, tanaman memperoleh listrik dari interaksi antara akar tanaman dengan bakteri tanah. Akar tanaman tersebut mampu mengeluarkan cairan dan gas hingga 70% ke tanah.

Selanjutnya bakteri yang ada di sekitar akar mengurai bahan organik sehingga membentuk sumber energi listrik baru. Saat menguji penelitiannya, Helder meletakkan sebuah elektrode dekat bakteri untuk menyerap elektron dan hasilnya menunjukkan ada arus listrik yang mengalir di antara elektrode tersebut.

Mikroba pada tanaman mikrobial dapat menghasilkan arus 0,4 watt per meter persegi dari tanaman hidup. Ke depan energi listrik dari tanaman ini akan dikembangkan hingga dapat memproduksi sebanyak 3,2 watt meter persegi.

Ini artinya akar dalam wilayah 100 meter persegi dapat memenuhi kebutuhan listrik sebuah rumah dengan pemakaian 2.800 kWh per tahun. Diharapkan dengan ditemukannya inovasi tentang Pembangkit listrik baru ini maka kebutuhan listrik dunia dapat tercukupi dengan baik.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar