Peristiwa EL Nino Diungkap Para Ilmuwan

Para ilmuwan kini punya cara membuktikan atau mengungkapkan persitiwa El Nino, sebelum nya ada baiknya kita lihat sebentar tentang apa itu El Nino karena sepertinya banyak dari kita belum mengerti tentang El Nino, menurut sejarahnya adalah sebuah fenomena yang teramati oleh para penduduk atau nelayan Peru dan Ekuador yang tinggal di pantai sekitar Samudera Pasifik bagian timur. Fenomena yang teramati adalah meningkatnya suhu permukaan laut yang biasanya dingin. Fenomena ini mengakibatkan perairan yang tadinya subur dan kaya akan ikan menjadi sebaliknya.

Peristiwa EL Nino Diungkap Para Ilmuwan

Pemberian nama El-Nino pada fenomena ini disebabkan oleh karena kejadian ini seringkali terjadi pada bulan Desember. El-Nino dalam bahasa Spanyol sendiri dapat diartikan sebagai “anak lelaki”. Kemudian hari para ahli juga menemukan bahwa selain fenomena menghangatnya suhu permukaan laut, terjadi pula fenomena sebaliknya yaitu mendinginnya suhu permukaan laut. Kebalikan dari fenomena ini selanjutnya diberi nama La-Nina juga dalam bahasa Spanyol yang berarti “anak perempuan”.Unik Baca

El-Nino akan terjadi apabila perairan yang lebih panas di Pasifik tengah dan timur meningkatkan suhu dan kelembaban pada atmosfer yang berada di atasnya. Kejadian ini mendorong terjadinya pembentukan awan yang akan meningkatkan curah hujan di sekitar kawasan tersebut. Bagian barat Samudra Pasifik tekanan udara meningkat sehingga menyebabkan terhambatnya pertumbuhan awan di atas lautan bagian timur Indonesia, sehingga di beberapa wilayah Indonesia terjadi penurunan curah hujan yang jauh dari normal.

Nah kini para Ilmuwan berhasil mengungkap sejarah El Nino. Melalui data lingkar pohon, sejarah 1.100 tahun perubahan iklim yang berdampak pada siklus El Nino & La Nina bisa diketahui. Ilmuwan berspekulasi, planet hangat memicu perubahan periodik pada suhu Laut Pasifik. Menurut data lingkar pohon, dampak perubahan ini kian parah.Unik Baca

Peneliti Kolombia mengatakan, analisa lingkar pohon 50-90 tahun siklus lilin dan intensitas El Nino membuktikan, saat Bumi hangat, iklim bergejolak. Analisa lingkar pohon terkait beberapa rekaman lain, termasuk instrumen bacaan suhu permukaan Laut Pasifik, analisa isotop modern serta relik koral di sekitar Pasifik dan rekonstruksi iklim lainnya.

“Analisa kami mengungkap, pohon yang menjulang di pegunungan di barat daya Amerika Serikat dan koral berwarna-warni tropis Pasifik menunjukkan tanda pertumbuhan tahunan lingkar,” ungkap penulis Jinbao Li. Menurut peneliti itu, lingkar pertumbuhan itu mengungkap pola sebagai varian antara kondisi hangat El Nino dan La Nina dingin yang kini kian tampak saat suhu latar menjadi hangat.