Dalam Tags ~

Pohon Angker TPU Jeruk Purut

Share
Konon ada pohon angker di pemakaman jeruk purut, Siapa tidak kenal dengan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut. Konon Jeruk Purut identik dengan hantu pastur dengan kepala yang terpenggal seperti cerita yang pernah dibuat dalam karya film. Pemakaman yang mulai digunakan warga sejak tahun 1978 itu ternyata ada kuburan keramat Syeikh Waliallah Wan Salim atau biasa disebut Habieb Salim. Lantas siapa habieb Salim ini, dia merupakan keturunan dari seorang wali yang dikenal dengan nama Al Imam Al Arif Billah Sayyidina Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad Husain Ass Syafi'i Sunnira atau biasa disebut mbah Priok.

Pohon Angker TPU Jeruk Purut

Habieb Salim telah meninggal ratusan tahun lalu. Dia tokoh Islam yang juga dikagumi oleh warga Jakarta terutama daerah Jeruk Purut. Satu keluarga garis keturunan Habieb Salim dimakamkan di Jeruk Purut. Makam Habieb Salim disebut makam keramat, karena sering digunakan masyarakat untuk memperlancar permintaan. Hal ini diceritakan salah satu penjaga parkir TPU Jeruk Purut yang telah 8 tahun bekerja di sana. Nama laki-laki berusia 38 Tahun itu, Dayat.

Dayat menceritakan kalau makam keramat Habieb Salim sering dipergunakan warga untuk berdoa dan meminta permintaan. Seperti bagi yang masih bersekolah untuk memperlancar ujian. Bagi yang masih mencari kerja untuk segera mendapat kerja.

Biasanya yang berdoa meminta sesuatu di depan makam Habieb Salim adalah perkumpulan pengajian yang berasal dari Jabodetabek. Jika permintaan terkabul maka wajib menyerahkan seekor ayam hidup ditaruh di sekitar makam Habieb Salim. "Ya paling sering minta diluluskan ujian, kalau tidak lekas dapat kerja tapi kalau sudah terpenuhi harus serahkan seekor ayam hidup di sini, nanti ayam itu juga buat warga," ujar Dayat kepada merdeka.com, di TPU Jeruk Purut.

Pohon Angker TPU Jeruk Purut

Makam Habieb Salim berada di tengah dengan ukuran 6 m x 6 m. Mudah untuk menemui makam kramat tersebut, ada bangunan rumah kecil dengan sekeliling pohon kamboja, kalau malam cahaya penerangan paling terang di tempat tersebut. Ketika merdeka.com berada di lokasi makam Habieb Salim. Makam tersebut berada di dalam bangun rumah, di mana ada makam kakek, nenek, istri dan anak-anaknya. Total ada 6 makam di dalam rumah tersebut. Di sekeliling depan samping kiri adalah makam keluarga keturunan Habieb Salim.

Lantas hal mistis apa yang ada di makam keramat tersebut. Menurut Dayat, makam tersebut dijaga oleh para jin Islam. Kalau berkunjung wajib untuk mengucapkan doa agar senantiasa dijaga oleh Habieb Salim. Boleh percaya boleh tidak, ada kejadian ketika TPU ini dijadikan lokasi syuting acara reality show happy family yang dipandu oleh Rubben Onshu. Kata Dayat, pernah syuting dengan tema jalangkung ternyata yang terjadi jalangkung benar.

Begitu pula ketika acara uji nyali Transtv melakukan syuting di pemakaman ini. Karena tidak izin terlebih dahulu ke makam Habieb Salim, ada 5 kru yang kerasukan. "Ada waktu itu 5 kru Transtv kerasukan waktu syuting acara uji karena tidak izin dulu ke makam Habieb, harusnya selametan dulu," jelasnya.

Ada juga cerita buldozer terjun ke bawah saat melakukan pembangunan jalan di area makam. Lagi-lagi pembangun jalan tersebut belum melakukan izin dan selametan di makam Habieb. "Biasanya kalau sudah izin dan melakukan selametan, Insya Allah dijaga sama Habieb," tandasnya. Larangan keras bagi para wanita yang sedang haid untuk mengunjungi TPU ini. Karena banyak kejadian kesurupan pada wanita haid. Biasanya yang merasuki pun makhluk halus sejenis kuntilanak.

"Sering kejadian kerasukan itu ke perempuan haid, karena kuntilanak suka dengan bau-bau amis," katanya. Lantas di mana letak hantu pastur berada, menurut Dayat hantu berjubah hitam berada 5 meter sebelum makam keramat Habieb Salim. Tetapi paling angker di TPU Jeruk Purut adalah pohon Benda. Katanya, pohon yang berdiri ratusan tahun adalah pusatnya para dedemit berkumpul.

Di pohon Benda itu Ki Joko Bodo pernah melakukan pertapaan selama dua hari sekitar tahun 2005. Selanjutnya seorang warga asal bogor melakukan ritual yang sama seperti Ki Joko Bodo. Tetapi tidak sekuat Ki Joko Bodo. "Dulu pernah Ki Joko Bodo tapa di pohon Benda, dia mengakui kalau pohon itu aura mistisnya kuat sekali," ujar dia. Pada pohon Benda terdapat keris yang sering diincar oleh para pemilik kekuatan mistis. Namun sayang sekali upaya untuk mengambil keris tersebut tidak pernah berhasil. Jika ada orang yang bisa mengambil keris yang ditanam di dalam pohon, maka menurut Dayat akan sakti kekuatan orang tersebut.

Pageviews