unikbaca com » » Bahaya, 15 Februari Asteroid Besar Hampiri Bumi

Bahaya, 15 Februari Asteroid Besar Hampiri Bumi

Pada 15 Februari sebuah asteroid besar menghampiri bumi dengan orbit lintasannya, dipastikan tanggal 15 Februari asteroid ini mencapai titik terdekat lintasan dengan Bumi. Asteroid ini akan menciptakan sejarah karena akan menjadi benda antariksa yang melintas paling dekat dengan bumi pekan depan, meski dipastikan tidak akan menghantam planet Bumi. Asteroid berukuran 45 meter yang dinamai 2012 DA14 akan melintas 27.700 kilo meter dari Bumi pada 15 Februari mendatang, lebih dekat dari satelit yang mengorbit di geosynchronos.

15 Februari Asteroid Besar Hampiri Bumi

"Kantor Near-Earth Object Program dari NASA telah dengan akurat memprediksi jalur lintasan asteroid itu dan karenanya memastikan bahwa asteroid itu tidak akan menabrak Bumi," kata sejumlah pejabat lembaga antariksa Amerika Serikat itu dalam sebuah pernyataan awal Februari kemarin.

Akan tetapi, menurut para astronom di NASA, melintasnya asteroid itu di dekat Bumi akan menjadi kesempatan emas untuk mempelajar objek antariksa dekat-Bumi dari jarak yang lebih rapat.

Asteroid 2012 DA14 pertama kali ditemukan Februari 2012 oleh Jaime Nomen, dokter gigi di Spanyol yang gemar berburu benda langit di malam hari. Asteroid itu akan melintasi Bumi dengan kecepatan 28.000 kilometer per jam.
Link Within