unikbaca com » » Penemu Sepakbola Pertama di Dunia Negara Mana ya?

Penemu Sepakbola Pertama di Dunia Negara Mana ya?

Klaim Inggris sebagai penemu sepakbola pertama di dunia agaknya sekarang diragukan, dan seharusnya penemu sepakbola pertama di dunia mungkin tidak ada, karena benang kusut pertama kali olahraga ini dimana dimainkan tidaklah ada yang tahu, mungkin di Indonesia pada jaman dahulu kala, nenek moyang kita juga sudah memainkan sepakbola dengan buah kelapa yang telah dikupas kulitnya, ya siapa yang tahu. Hanya mereka yang menulis dan mau mengklaim saja lah yang dapat mengakui itu.

unikbaca.com

Sebuah suratkabar Vatikan, L´Osservatore Romano, menemukan bukti terbaru bahwa salah satu suku di Paraguay, Guarani, memainkan sepak bola jauh sebelum Inggris mengklaim bahwa mereka menciptakan sepak bola. Artikel yang tertulis pada edisi Senin 28 Juni 2010 ini menyatakan bahwa sepak bola justru kali pertama ditemukan oleh suku Guarani di Paraguay pada 1793, 70 tahun sebelum klaim Inggris.

Artikel tersebut menggunakan sumber seorang pendeta bernama Juan Manuel Peramas, yang menulis di buku harian ketika ditugaskan di Paraguay pada 1793. Peramas menulis, “(Para Guarani) biasanya bermain dengan bola itu, meski dibuat dari karet keras, tapi cukup ringan dan cepat jika ditendang, bola memantul dengan cepat sebelum dihentikan.”

“Mereka tidak melempar bola dengan tangan, seperti yang kita lakukan, tapi menggunakan kaki dalamnya, mengumpan dan mengontrol dengan ketangkasan dan ketepatan.” Dengan adanya bukti terseut si penulis artikel, Gianpaolo Romanato, menjadikan tulisan Peramas sebagai bukti bahwa Inggris bukanlah penemu sepak bola.
Link Within