Serangga Pemakan Kura-kura Sungguh Aneh Bukan

Serangga Pemakan Kura-kura Sungguh Aneh Bukan

Ada serangga pemakan kura-kura sungguh aneh sekali bukan, siapa bilang dengan bercangkang keras kura-kura selamat dari predator, serangga pemakan kura-kura juga ada, setidaknya saat masih bayi kura-kura harus kudu hati-hati dengan para makhluk asing sekitarnya.

Dalam sebuah jurnal terbaru yang dipublikasikan "Entomologi Science", baru-baru ini, Dr. Shin-ya Ohba memaparkan perilaku yang tidak biasa dan pembalikan peran saat serangga air raksasa menjadi pemangsa dan makan kura-kura muda di selokan di wilayah Jepang tengah.

Kirkaldyia deyrolli, atau serangga air raksasa, dari keluarga Lethocerinae sering kepergok tengah menggerogoti vertebrata kecil seperti katak dan ikan, Ohba telah menangkap gambar serangga itu makan kura-kura kecil dan ular.

Ohba saat melakukan sampling malam di wilayah Jepang tengah, Hyogo barat sempat merekam gambar serangga air raksasa memangsa kura-kura di sebuah kolam. Serangga ini dikenal hanya menyerang mangsa yang bergerak.

K. deyrolli merupakan serangga asli Jepang dan terdaftar dalam Badan Lingkungan Hidup Jepang sebagai spesies terancam punah. Mereka tinggal terutama di sawah di seluruh Jepang dan memakan katak kecil dan ikan.

Serangga ini dapat tumbuh hingga 15 cm panjang dan gigitannya berbisa. Serangga raksasa ini diketahui sesekali pernah dilaporkan menggigit manusia, menyebabkan nyeri seperti terbakar yang berlangsung selama beberapa jam.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar