Jika Ada Petir Amankah Kita di Dalam Mobil

Jika Ada Petir Amankah Kita di Dalam Mobil

Jika ada petir amankah kita di dalam mobil ya, jika musim hujan tiba, tentunya petir pun akan semakin banyak terjadi, ada yang menggelitik dalam pikiran, kalau ada petir dan kita sedang jalan menggunakan mobil apakah kita aman dari sambaran petir.

Mobil itukan rata-rata komponennya adalah logam, dan logam pengantar arus listrik yang baik. Petir bertendensi untuk menyentuh objek yang bersifat konduktor. Dan mobil yang sarat akan komponen metal tentu amat bertalenta menjadi konduktor yang baik.

Tetapi, jika kita menggunakan mobil, kita bisa bernafas lega dan jauhkan pikiran takut yang berlebihan. Kenyataannya, tempat perlindungan yang paling aman justru berada di dalam mobil itu sendiri.

Penjelasannya, logam mempunyai sifat yang unik. Ketika pada logam tersebut diberi muatan listrik, maka muatan listrik akan segera tersebar di permukaannya. Mobil terbungkus oleh bahan logam dan campuran alumunium.

Ketika mobil tersambar petir, muatan listrik dari petir akan diterima oleh bahan logam ini lalu disebarkan ke seluruh permukaannya. Jika ada jalan ke bumi, muatan ini akan mengalir ke bumi. Orang yang berada di dalam mobil aman-aman saja.

Ia terlindungi dengan baik karena tidak ada muatan listrik yang masuk mobil. Itu sebabnya kalau ada petir dan badai, sebaiknya tetap berada di dalam mobil. Jangan keluar, apalagi berlindung di bawah pohon atau di lapangan terbuka.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar