Ular Dibedah Dengan Telur Terbanyak Dalam Perutnya

Ular Dibedah Dengan Telur Terbanyak Dalam Perutnya

Ular ini dibedah perutnya, dan terdapat banyak telur dalam tubuhnya. Bangkai seekor ular piton yang sedang hamil membuat kaget tim peneliti University of Florida. Mereka tercengang ketika membedahnya dan menemukan bahwa ular Burma itu mengandung 87 telur. Jumlah itu pun memecahkan rekor telur terbanyak yang dikandung seekor ular.

Tim peneliti terdiri dari para ilmuwan dari Museum Sejarah Florida memeriksa bangkai ular seberat 74.6 kg dan panjang 5,3 m. Ular itu dibawa dari Taman Nasional Everglades dan yang terbesar yang pernah ditemukan di sana.

Hal itu memberikan petunjuk penting mengenai kemampuan reproduksi yang luar biasa pada spesies berbahaya itu. "Fakta terpenting dari hewan ini adalah kemampuan reproduksinya. Sebelumnya, tidak ada catatan berapa telur yang bisa dihasilkan seekor ular betina di alam liar," kata ahli biologi liar bernama Skip Snow.

"Temuan ini menunjukkan, mereka adalah hewan reproduksi, yang membuatnya mampu berinvasi." Lanjutnya. Temuan tersebut pun mencatat rekor baru karena sebelumnya, catatan telur terbanyak yang ditemukan berjumlah 85 dari seekor ular sepanjang 5,1 m.

Penelitian biologi ular tersebut penting artinya untuk menghentikan penyebaran piton. Pasalnya ular itu, khususnya piton Burma, tak punya predator. "Ular ini mengerikan, lebarnya sekitar 1 kaki (0,3 meter)," ucap Kenneth Krysko, manajer herpetologi museum. "Itu artinya tidak ada yang mampu melawan mereka. Satwa liar asli berada dalam masalah." Katanya.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar