Siput Lucu dan Unik Transparan Tembus Pandang

Siput Lucu dan Unik Transparan Tembus Pandang

Siput lucu ini sangat menggemaskan, lihatlah siput lucu dan unik ini tembus pandang alias transparan. Bagian rumah atau cangkangnya seperti kaca. Siput ini ditemukan di salah satu dari 20 sistem gua terdalam di dunia, Lukina Jama-Trojama, lansiran Daily Mail. Siput kecil yang terlihat begitu rapuh ini memiliki rumah atau cangkang yang transparan.

Hewan ini hanya menghuni gua-gua bawah tanah, atau yang sering disebut dengan eutroglobionts. Meski tinggal di tempat yang gelap, siput yang diberi nama Zospeum tholussum tidak memiliki kemampuan melihat.

Para ilmuwan dari Universitas Goethe, Frankfurt dan Masyarakat Biospeleological Kroasia, hanya menemukan satu spesimen hidup selama ekspedisi yang mereka lakukan. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Subterranea Biology.

Binatang lunak atau molusca ini ditemukan pada kedalaman yang luar biasa yakni sekitar 980 meter dari permukaan tanah. Tempat ini dipenuhi dengan batu dan pasir serta sebuah sungai kecil yang mengalir melewatinya.

Semua spesies yang tinggal di gua ini dikenal dengan genus Zospeum. Kelompok ini memiliki kemampuan terbatas untuk bergerak. Karena mereka mendiami habitat berlumpur, kelompok hewan ini banyak ditemukan di dekat sistem drainase gua dan di dekat air.

Sementara itu, Lukina Jama-Trojama adalah sistem gua terdalam di Kroasia yang berbentuk vertikal, memiliki lubang yang panjang, dan kedalaman sekitar 1392 meter. Baik ekologi maupun keanekaragaman hayati yang terkandung dalam gua benar-benar menarik.

Gua ini memiliki 3 lapisan iklim mikro. Bagian pertama dekat pintu masuk memiliki suhi sekitar 1 derajat Celcius, bagian tengah memiliki suhu sekitar 2 derajat Celcius, dan bagian bawah mencapai suhu 4 derajat Celcius. Keanekaragaman hayati juga terkandung di dalamnya. Si siput traansparan ini hanyalah salah satunya. Sungguh besar dan beraneka bukan ciptaan Tuhan.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar