Makanan Orang Jepang yang Populer di Indonesia

Makanan Orang Jepang yang Populer di Indonesia

Ada beberapa makanan orang Jepang yang populer di Indonesia simak saja nih, makanan khas Jepang kini semakin populer di Indonesia. Makanan Jepang pada saat ini sudah mudah dicari di Indonesia. Karena sudah banyak restauran-restauran yang menyediakan makanan Jepang di pinggir-pinggir jalan. Makanan Jepang digemari banyak orang karena rasanya yang enak dan juga kaya akan nilai gizi yang terkandung di makanannya.

1. Sushi
Sushi (鮨, 鮓, atau biasanya すし, 寿司) adalah makanan jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut,daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.


2. Ramen
Ramen (拉麺;ラーメン) adalah masakan mi kuah Jepang yang berasal dari cina. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba (中華そばsoba dari china) atau shina soba (支那そば) karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang sering juga berarti mi.


Rebusan mi hasil buatan tangan atau buatan mesin diceburkan ke dalam sebuah mangkuk berisi kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu, umumnya dengan dasar kaldu babi, di atas ramen umumnya ditambahkan penyedap berupa beraneka ragam lauk seperti chasiu, menma, telur rebus, sayuran hijau, seperti bayam, irisan daun bawang, nori, atau narutomaki sebagai hiasan.

3. Takoyaki
Takoyaki (たこ焼き) nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya.


4. Okonomiyaki
Okonomiyaki (お好み焼き) adalah makanan Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam, makanan laut atau daging babi dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan.


Okonomiyaki adalah salah satu jenis masakan teppanyaki yang bisa dimakan begitu saja atau sebagai lauk teman nasi putih. Okonomiyaki sering dimakan dengan sendok datar yang disebut kote atau hera, yang juga berfungsi sebagai sodet sewaktu membalik okonomiyaki.

5. Tempura
Tempura (天ぷら、天麩羅、天婦羅) atau tenpura adalah makanan Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran, atau tanaman liar yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda.


Tempura juga berarti cara menggoreng yang berbeda dengan furai, yaitu istilah bahasa Jepang untuk deep fry. Bahan makanan yang digoreng secara tempura dicelup ke dalam adonan tempura, sedangkan bahan makanan yang digoreng secara deep fry dibungkus secara berurutan dengan tepung terigu, kocokan telur, dan tepung panir.

6. Mochi
Mochi (Jepang: 餅; Hanzii: (麻糬)) adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang.


Namun, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun. Ia memiliki rasa yang khas yaitu lembut di saat pertama kali dimakan, dan lama kelamaan menjadi lengket.

7. Onigiri
Onigiri (おにぎり, 御握り) atau nasi kepal adalah nama Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras.


Dikenal juga dengan nama lain omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut onigiri. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar