Waspada Penyakit Lanjut Usia Kini Bisa Diderita Orang Muda

Waspada Penyakit Lanjut Usia Kini Bisa Diderita Orang Muda

Kini beberapa penyakit orang lanjut usia diderita orang muda, ya semakin banyak penyakit-penyakit yang dulu diderita oleh mereka yang berusia di atas 50 tahun kini diderita orang muda. Kemunculan penyakit degeneratif yang lebih cepat datang sangat dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup manusia modern. Banyak duduk, kurang memperhatikan asupan makanan, sampai polusi, membuat mereka lebih rentan menderita penyakit para manula atau orang usia lajut.

Jantung koroner
Penyakit akibat penyempitan pembuluh darah koroner ini disebabkan oleh kegemukan, hipertensi, rokok, stres, genetik, diabetes, dan usia. Tetapi kini banyak orang yang menderita penyakit ini di usia produktif.

Stroke
Pada umumnya penyakit ini diderita mereka yang berusia di atas 65 tahun, tetapi cukup sering kita mendengar ada kenalan yang baru berusia 30-an sudah terkena stroke.Kita bisa mencegah penyakit ini dengan berhenti merokok sama sekali, rutin memeriksakan tekanan darah, kadar kolesterol, serta gula darah. “Faktor risiko harus diterapi sejak dini dan dikendalikan,” kata Shazam Hussain, ketua departemen Cleveland Clinic Stroke Program.

Kanker payudara
Ini merupakan jenis kanker yang menjadi momok kaum wanita. Penyakit ini biasanya diderita mereka yang berusia di atas 45 tahun, tetapi juga bisa muncul pada remaja putri.  Bagi kebanyakan wanita, olahraga rutin, menjaga berat badan, dan menghindari makanan berlemak bisa menurunkan risikonya.

Alzheimer
Penyakit penurunan kemampuan otak ini sebenarnya lebih banyak diderita orang berusia di atas 65 tahun. Namun, kini semakin banyak orang berusia 40 tahun yang didiagnosa Alzheimer. Melatih seluruh bagian otak adalah “olahraga” yang dibutuhkan. Ini bisa kita lakukan dengan cara belajar bahasa baru, belajar memainkan musik, atau mengisi TTS secara rutin.

Diabetes
Beberapa dekade lalu, diabetes melitus adalah penyakit orang berusia di atas 40 tahun. Tapi kini semakin banyak remaja yang terdiagnosa diabetes. Para ahli mengatakan penyebabnya adalah karena pola makan dan gaya hidup kurang bergerak. Kebanyakan orang yang terdiagnosa adalah mereka yang kegemukan, terutama di bagian perut.

Tekanan darah tinggi
Walau kondisi ini sebenarnya bisa mengundang penyakit jantung dan juga ginjal, tapi tak banyak orang yang menyadari sebenarnya ia menderita hipertensi. Hipertensi memang tidak bergejala, karena itu Anda harus rutin memeriksakan tekanan darah. Mengontrol kadar tekanan darah adalah cara murah untuk menghindari penyakit pencuri kemudaan Anda.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar