Fakta Planet Mars yang Harus Kita Ketahui Ternyata Mencengangkan

Fakta Planet Mars yang Harus Kita Ketahui Ternyata Mencengangkan

Fakta planet Mars yang harus kita ketahui dan ternyata cukup mencengangkan. Planet terdekat keempat dari Matahari ini diambil dari nama dewa perang Romawi, yaitu Mars. Ilmuwan NASA saat ini sedang giatnya meneliti dan menelusuri planet Mars yang digadang gadang dapat menjadi planet tempat tinggal manusia selain Bumi. Lalu apa saja letak fakta unik dari planet Mars ini, mari kita simak.

1. Sunset di planet Mars
Sunset merupakan salah satu momen yang sangat indah dan sering ditunggu-tunggu kejadiannya. Namun, apa yang membuat sunset di Mars dan di Bumi berbeda?


Apabila kita mengetahui sunset di Bumi berwarna orange, sunset di planet Mars justru berwarna biru. Hal ini terjadi karena jarak antara planet Mars dan matahari yang jauh sehingga mengurangi intensitas cahaya matahari.

2. Satu tahun di Mars
Apabila kita mengetahui satu tahun di Bumi adalah 365 hari, maka kalian harus mengetahui bahwa satu hari di Mars sama dengan 687 hari. Hal tersebut berarti planet Mars mengorbit matahari selama 687 hari dengan waktu rotasi 25,62 jam.


3. Gunung tertinggi di tata surya
Bukan gunung Everest bukan gunung Jayawijaya, gunung ini merupakan gunung tertinggi yang pernah tercatat dalam sejarah di seluruh tata surya.


Gunung yang terletak di planet Mars ini dinamakan gunung Olympus Mons dengan tinggi 24 Km di atas sebuah dataran halus planet Mars. Tidak main-main, tinggi gunung ini tiga kali lebih tinggi daripada gunung Everest. Gunung ini pertama kali ditemukan pada tahun 1971.

4. Populasi planet Mars
Saat ini planet Mars dihuni oleh populasi robot-robot yang dikirim untuk meneliti planet ini. Jumlah total robot yang dikirim ke planet ini sekitar 7 buah robot. Robot ini dikirim untuk meneliti planet Mars menggantikan manusia.


Hingga saat ini data-data yang diperoleh dari robot-robot yang dikirim ke Mars sangatlah membantu kemajuan pengetahuan akan planet ini. Tak jarang juga kita mengetahui foto-foto yang tertangkap oleh robot ini tentang keadaan planet Mars.

5. Warna merah planet Mars
Planet Mars merupakan planet yang dipenuhi bebatuan dengan atmosfer yang tipis. Planet Mars juga dijiluki sebagai 'planet merah'.


Warna merah dari planet Mars ini disebabkan oleh keberadaan besi(III) oksida. Karat di planet ini menutupi hampir seluruh permukaan planet Mars yang menyebabkan warna planet menjadi merah.

6. Suhu planet Mars
Para ilmuwan melihat potensi besar bahwa planet Mars dapat dihuni oleh manusia. Para ilmuwan juga menyatakan bahwa planet ini memenuhi syarat atau kriteria sebuah planet dapat dihuni oleh manusia.


Apabila nantinya manusia berhasil menjadikan planet ini sebagai tempat hunian, manusia harus bersiap-siap untuk menahan dingin karena suhu rata-rata di planet ini sekitar minus 81 derajat Fahrenheit atau sekitar minus 63 derajat celcius.

7. Tanah planet Mars
Seperti yang dikatakan sebelumnya, planet ini seluruh permukaannya ditutupi oleh bijih besi dan karat. Namun faktanya, tanah di planet Mars sangat baik untuk menumbuhkan tanaman asparagus.


8. Ilmuwan ingin memperkenalkan global warming ke planet Mars
Untuk membantu planet Mars menjadi layak huni, ilmuwan ingin memperkenalkan global warming ke planet Mars. Hal tersebut dilakukan untuk membuat kehidupan planet Mars menjadi layak huni untuk kolonisasi.


Hal ini disebabkan karena suhu di planet Mars yang terlalu dingin sehingga global warming sangat diperlukan untuk membuat planet ini menjadi lebih hangat dan nyaman untuk dihuni.

9. Dana pembuatan sebuah film lebih besar daripada dana untuk misi pergi ke planet Mars
Untuk membuat planet Mars menjadi layak huni berbagai misi untuk pergi ke planet Mars di lakukan, misi tersebut tentu memerlukan dana yang tidak sedikit.


Hal ini sama dengan untuk membuat film yang berkualitas, diperlukan dana yang tidak sedikit untuk membuatnya.

Salah satunya film yang dibintangi oleh Sandra Bullock dan George Clooney, tak segan-segan film ini menghabiskan dana mencapai 100 USD atau sekitar 1, 189 triliun rupiah, hal ini melebihi dana untuk satu misi perjalanan India ke Mars yang mengeluarkan ongkos 4,5 miliar rupee atau 890 miliar.

10. Lebih dari 100,000 orang telah mendaftar untuk perjalanan ke Mars di tahun 2022
Tahun 2022, sebuah projek yang dinamakan Mars One memulai untuk mengkolonisasikan planet Mars.


Tak tanggung-tanggung, sudah lebih dari 100,000 orang sudah mendaftar untuk perjalanan dan menetap di planet merah tersebut.

Akan disiapkan beberapa kapsul sebagai tempat tinggal dan di setiap kapsul telah disiapkan makanan dan panel surya. Mereka berharap untuk memulai kehidupan di planet selain Bumi.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar