Hewan Air Unik ini Pasti Akan Membuat Kalian Kagum Atas Kebesaran Pencipta

Hewan Air Unik ini Pasti Akan Membuat Kalian Kagum Atas Kebesaran Pencipta

Hewan air unik ini pasti akan membuat kalian kagum atas kebesaran Sang Pencipta alam raya ini. Beberapa hewan memiliki kemampuan luar biasa yang dapat membuat kita kagum, seperti apa contoh nya, mari simak yang berikut ini.

1. Hewan ini memangsa ikan yang lebih besar dari badannya
Black swallower atau great swallower (Chiasmodon niger) merupakan ikan yang memiliki kantung perut yang sangat besar.


Dengan kantung perut yang sangat besar tersebut, ikan ini memiliki kemampuan untuk menelan mangsa yang dua kali lebih besar daripada tubuhnya.

Bahkan, ikan ini dapat memakan hewan yang 10 kali lebih besar daripada dirinya. Perut tersebut dapat meregang sehingga kita dapat melihat dengan jelas hewan yang telah ia makan.

2. Hewan ini dapat melakukan fotosintesis
Siput laut Elysia chlorotica dapat melakukan hal yang hanya dapat dilakukan oleh tumbuhan, yaitu fotosintesis. Hewan ini juga merupakan satu-satunya hewan yang diketahui dapat melakukan fotosintesis dengan menggunakan sinar matahari.


Mereka dapat mencuri kloroplas dari alga dan menggabungkan mereka menjadi sel hewan tersebut. Hal ini mengakibatkan warna siput tersebut menjadi hijau layaknya daun, karena itulah mereka kadang juga disebut sebagai "Daun yang merayap".

Bahkan, siput ini dapat mencuri gen dari alga tersebut sehingga ia dapat memproduksi kloroplasnya sendiri. Para ilmuwan mengatakan hewan ini dapat hidup di kegelapan tanpa makan, dan dapat bertahan hidup untuk waktu yang lama.

Mereka mengatakan bahwa kemampuan fotosintesisnya merupakan kunci ia dapat bertahan hidup. Bagaimanapun juga, hewan ini memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh hewan lainnya.

3. Hewan ini memiliki kemampuan menyembuhkan yang kebih baik daripada Wolverine
Planaria merupakan salah satu spesies dari cacing pipih yang hidup di air tawar, yang mana terkenal akan kemampuan menyembuhkan diri. Apabila anda memenggal kepala cacing ini, mereka dapat menumbuhkan kepala yang baru.


Menurut ilmuwan, kepala yang baru tersebut memiliki memori yang telah dibangun sebelum kepala planaria lama dipenggal, sehingga mereka masih memiliki memorinya yang lama. Ilmuwan lainnya mengatakan bahwa satu sel dapat menumbuhkan kembali seluruh tubuh.

Mereka pernah melakukan eksperimen dimana mereka menghancurkan seluruh tubuh dari planaria menggunakan radiasi dan selnya tidak dapat lagi membelah.

Mereka kemudian menyuntikkan satu sel dari planaria dewasa lainnya, yang mana dapat menumbuhkan kembali setiap bagian tubuh yang telah hancur.

4. Hewan air ini dapat memanjat pohon
Mudskippers atau tembakul merupakan jenis ikan dari beberapa marga yang termasuk ke dalam anak suku Oxurdecinae. Di Indonesia sendiri ikan ini dikenal dengan banyak nama.


Ikan-ikan ini senang melompat-lompat ke daratan, terutama di daerah berlumpur atau berair dangkal di sekitar hutan bakau ketika air surut. Ikan ini menghabiskan hampir seluruh hidupnya berada di luar perairan. Bahkan mereka sangat suka sekali memanjat pohon.

Mudskippers memiliki kantung kecil di sekitar insang mereka yang membuat ikan ini dapat terus hidup meski tanpa memerlukan air. Mudskippers biasanya memanjat pohon untuk menyelamatkan diri mereka ketika gelombang pasang.

5. Hewan ini dapat membuat senjata hidup
Kepiting Teddy Bear atau Teddy bear crab merupakan krustasea kecil yang tubuhnya ditutupi oleh bulu putih. Kepiting Teddy bear (Polydectus cupulifer) dapat mengambil anemon yang dapat menyengat dan membawanya sebagai senjata.


Anemon tersebut dapat menjadi senjata untuk melindungi diri sekaligus menjadi sumber makanan untuk bertahan hidup. Hal tersebut merupakan salah satu contoh hubungan antara makhluk hidup yang saling menguntungkan.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar