Mengapa Rautan Pensil Tidak Boleh Ditiup

Tau nggak mengapa rautan pensil tidak boleh ditiup kalau mau dibersihkan. Namun ada baiknya kita simak dulu sejarah dibuatnya rautan pensil ini. Jaman kecil sekolah dasar dulu ada teman yang mengatakan bahwa jika ditiup akan jadi tumpul, benar nggak ya.

Mengapa Rautan Pensil Tidak Boleh Ditiup

Rautan pensil pertama manual klasik ditemukan oleh Constant de Thierry des Estivaux, seorang berkebangsaan Prancis. Rautan pertama ini berbentuk tabung dengan lubang kerucut yang menyempit serta dipasangi pisau pemotong.

Rautan ini dipatenkan pada tanggal 1847 di Paris, Prancis. Kemudian rautan pertama diperbaiki lagi oleh John Lee Love. Ia lahir pada tanggal 26 September 1889 di Massachusett.

Ia menemukan rautan pensil modern dimana rautan pensil tersebut memiliki tuas pemutar yang lebih modern juga. Bisa dibilang rautan pensil kedua ini lebih praktis dan mudah digunakan karena kita hanya tinggal memutarkan tuasnya saja ketika meraut pensil.

Penemuan ini dipatenkan pada tanggal 23 November 1897. Kembali lagi ke pertanyaan awal, kenapa rautan tidak boleh ditiup, setelah bertahun-tahun tidak tau jawabannya karena memikirkan hal ini, kini terjawab sudah.

Mengapa Rautan Pensil Tidak Boleh Ditiup

Ya rautan dapat tumpul pada saat ditiup karena pada saat kita meniup maka kita akan secara otomatis mengeluarkan udara dan uap air. Udara tersebut kemudian akan mengalami proses perubahan wujud dari gas ke air sehingga membuat besi rautan tersebut berkarat.

Pada saat meniup kita kadang juga mengeluarkan air ludah, air ludah yang tanpa kita sadari juga akan membuat besi dari rautan tersebut menjadi karatan. Semoga penjelasan kami dapat membuat anda bisa tidur nyenyak pada malam hari.

Formulir Kontak