Biaya Pembuatan Game Termahal, Ada Capai Ratusan Juta Dollar, Game Apa Saja

Biaya Pembuatan Game Termahal, Ada Capai Ratusan Juta Dollar, Game Apa Saja

Biaya pembuatan game termahal di dunia. Game memang sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat. Karenanya para pembuat game tidak segan-segan mengeluarkan budget yang tidak sedikit demi menarik perhatian penggemarnya.

Destiny (2014)
Destiny merupakan sebuah game FPS berbau RPG yang menceritakan tentang sebuah konflik luar angkasa, dimana anda diharuskan untuk menjadi penyelamat nasib umat manusia setelah terjadi suatu bencana hebat.


Destiny sendiri merupakan sebuah game besutan Activision dan Bungie Studios yang tak lain dan tak bukan juga merupakan pembuat dari seri game FPS Halo, salah satu game FPS konsol terbaik yang pernah ada.

Meskipun CEO dari Activision, Bobby Kotick, menyatakan bahwa biaya pembuatan game ini mencapai 500 Juta USD, manager dari Bungie Studios, Eric Osborne, menyatakan bahwa biaya pembuatan game ini sendiri hanya sekitar 140 Juta USD. Namun tetap saja angka-angka tersebut merupakan jumlah yang sangat fantastis.

Final Fantasy VII (1997)
Final Fantasy merupakan game yang sangat digemari disetiap serinya. Dengan jalan cerita yang berbeda dan unik di setiap serinya ditambah dengan tokoh-tokoh unik yang membangun sebuah cerita itu sendiri, membuat game ini sangat ditunggu disetiap rilisnya.


Apalagi untuk seri yang ke-7 atau Final Fantasy VII, game yang membuat kita bernostalgia saat membicarakannya ini merupakan seri yang paling sukses dari semua seri Final Fantasy yang ada.

Dengan diangkatnya film ke layar lebar dan dengan seri-seri game tambahan yang merupakan kelanjutan dari jalan cerita original, tak salah menyebut seri yang ke-7 merupakan seri yang paling sukses.

Pembuatan Final Fantasy VII sendiri dimulai pada tahun 1995 dan dengan bantuan dari kurang lebih sekitar 120 artis dan programmer, menggunakan PowerAnimator dan Softimage 3D Software.

Hal tersebut membuat game ini menjadi game termahal pada masanya, dengan budget sekitar 45 Juta USD dan biaya pemasaran sekitar 100 Juta USD.

Call of Duty: Modern Warfare 2 (2009)
Seri game Call of Duty memang sangat digemari oleh para penikmat FPS, apalagi bagi mereka yang sangat menyukai plot Perang Dunia. Tidak sedikit pula orang yang tidak menyukai dan membenci game ini.


Simpel alasannya, plot yang setiap tahun selalu diulang, game terbaru yang tidak jauh berbeda dari game sebelumnya menjadi alasan utamanya. Call of Duty: Modern Warfare 2 sendiri merupakan seri lanjutan dari game sebelumnya yaitu Call of Duty 4: Modern Warfare dan merupakan sekuel dari Call of Duty: Modern Warfare 3.

Call of Duty: Modern Warfare 2 membuat pendapatan yang cukup mengejutkan di dunia game pada saat rilis, namun hal ini tentu didapat dengan biaya pembuatan yang tidak murah. Biaya pembuatan game ini sendiri menghabiskan budget sekitar 50 Juta USD, dan dengan biaya pemasaran sekitar 200 Juta USD.

Star Wars: The Old Republic (2011)
Star Wars mungkin akrab didengar oleh para pecinta perfilman dunia. Namun brand Star Wars ternyata juga akrab didengar oleh para penggemar game. Khususnya setelah dirilisnya game dengan nama sama yaitu Star Wars: Old Republic. Menceritakan dua kekuatan galaksi yang sangat fenomenal dari seri filmnya, yang kini dituangkan dalam seri gamenya.


Salah satu produk entertainment terbesar dalam sejarah, Star Wars: The Old Republic membutuhkan lebih dari 800 orang dari keempat benua dan membutuhkan waktu hampir 6 tahun untuk menyelesaikan game dengan biaya pembuatan hampir 200 Juta USD dalam pembuatannya.

Ceritanya sendiri berjalan sekitar 1,600 jam, dengan ratusan jam jalan cerita tambahan yang masih ditulis. Dengan hampir 1,000 aktor yang telah melakukan rekaman dialog untuk 4,000 karakter dalam 3 bahasa.

Grand Theft Auto V (2013)
Siapa yang setuju bahwa seri game Grand Theft Auto merupakan seri game yang paling digemari oleh gamer di seluruh dunia? Dengan kesuksesan luar biasa dalam seri Grand Theft Auto San Andreas menjadikan game tersebut menjadi game sejuta umat.


Kini hadir dalam seri terbarunya dengan judul Grand Theft Auto V yang rilis dua tahun lalu. Game ini merupakan seri game GTA tersukses setelah mengulang kesuksesan dalam seri sebelumnya GTA San Andreas.

Dengan grafik yang luar biasa dan menceritakan 3 tokoh utama sekaligus menjadikan game ini menjadi 'Game of The Year' dalam 2 tahun terakhir.

Biaya pembuatan dan pemasaran dari game ini sendiri menghabiskan budget lebih dari 260 Juta USD, menjadikannya menjadi game termahal yang pernah dibuat.

Dan dengan hal ini pula menjadikan game Grand Theft Auto V berhasil memecahkan rekor industri dan menjadi game dengan penjualan tercepat dalam sejarah, menghasilkan penghasilan sekitar 800 Juta USD di hari pertamanya dan 1 Milyar USD dalam tiga hari pertama.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar