Batas Negara Paling Unik Hanya Garis Doang

Batas Negara Paling Unik Hanya Garis Doang

Hanya garis batas negara paling unik ini, lihatlah batas ke dua negara ini kita akan melihat keunikannya sekaligus kerumitannya. Kota Baarle adalah sebuah kota yang menjadi batas negara antara Belanda dan Belgia. Warga kota ini bisa pindah ke negara lain hanya dalam sekejap mata.

Karena wilayah kota ini terletak di kedua negara, maka untuk membedakannya dibuatlah nama lanjutan yang berbeda di masing-masing negara. Kota Baarle yang berada di wilayah Belanda disebut dengan kota Baarle-Nassau, sedangkan di negara Belgia disebut dengan Baarle-Hertog.

Lebih unik lagi perbatasan kedua negara ini juga bisa dibilang cukup rumit dan tidak seperti perbatasan negara-negara yang lain yang biasanya menggunakan pagar pembatas. Untuk memisahkan antara kedua negara, kota ini diberi tanda plus-plus berwarna putih.

Batas negara antara kedua negara ini bisa dijumpai di kebun, pertokoan, rumah, trotoar dan beberapa tempat lainnya. Uniknya lagi, setiap rumah yang terbelah dan terdapat tanda plus berwarna putih, maka rumah tersebut akan masuk ke dalam negara Belanda atau Belgia berdasarkan letak pintu depan rumah tersebut.

Terhitung sebanyak 26 bagian yang secara terpisah menjadi perbatasan antara Belanda dan Belgia. Sejarah batas negara Belanda dan Belgia terbentuk dari hasil pertukaran lahan, kesepakatan, sejumlah perjanjian serta jual Beli anatara Dukes of Brabant dan Lord of Breda di abad ke 12.


Setelah resmi berpisah pada tahun 1839, dibentuklah tiga komisi untuk menyelesaikan masalah perbatasan tersebut. Jadi negara tetangga nggak harus rebutan bukan, buktinya warga kota ini, walau beda negara mereka tetap bisa hidup rukun damai dan sentosa, sejahtera.

Bacaan Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar