Kenali Alergi Karena Seafood dan Gejalanya

Kenali Alergi Karena Seafood dan Gejalanya

Kenali alergi sedini mungkin sebenarnya adalah langkah pencegahan terbaik, dibandingkan Anda harus mengobatinya. Karena masalah kesehatan yang satu ini memang bukan sebuah penyakit yang dapat dihilangkan dari tubuh, ia bisa diobati, namun untuk gejala-gejalanya saja.

Namun jika dipicu kembali dengan bahan-bahan penyebab allergen maka gejala juga akan kembali muncul. Banyak faktor yang bisa memicu datangnya alergi ini, diantaranya adalah makanan juga minuman.

Terkadang ada beberapa bahan yang terkandung dalam makanan tertentu bisa memicu reaksi alergi tubuh. Sebut saja yang paling sering adalah makanan laut.

Seafood tak hanya dikenal enak, melainkan juga kaya akan kandungan histamine yang ada dalam tubuh, bahan yang dapat memicu munculnya alergi. Ada beberapa gejala yang menyertai alergi pada makanan laut yang satu ini, diantaranya adalah:

1. Rasa gatal pada tubuh, mereka yang memiliki alergi pada makanan laut, khususnya adalah udang setelah makan dalam jumlah tertentu akan mengalami rasa gatal di sekujur tubuh, bahkan tenggorokan sekalipun juga akan terasa gatal seperti terkena batuk.

2. Munculnya bintik-bintik merah pada tubuh, beberapa orang menyebutnya sebagai biduran, ini adalah kondisi yang paling sering menyertai alergi ini, bintik merah tersebut akan semakin bertambah besar jika digaruk.

3. Mata bengkak, beberapa bagian tubuh seperti sekitar mata akan bengkak merah, bahkan membuat penderitanya menjadi sulit dalam melihat.

4. Diare, gejala lain yang lebih parah adalah mengalami diare, hingga disertai dengan muntah-muntah. Bagi yang mengalami gejala ini ada baiknya segera konsumsi oralit untuk menjaga cairan tubuh tetap stabil dan tak menyebabkan dehidrasi.

5. Rasa terbakar bahkan kesemutan pada bagian bibir hingga mulut, hal ini dikarenakan bagian tersebut juga bengkak dan gatal.

6. Mata yang mengeluarkan cairan secara terus menerus.

Gejala-gejala semacam ini tentunya tak boleh Anda biarkan, agar tak bertambah parah lakukan pertolongan pertama dengan memberikan minuman dari madu alami, kemudian bawa mereka ke dokter untuk pertolongan lebih lanjut. Kenali solusi alergi anak terhadap makanan sangat penting agar Anda lebih selektif juga dalam konsumsi panganan.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar