Pemakan Daging Sebelum Dinosaurus Ditemukan

Pemakan Daging Sebelum Dinosaurus Ditemukan

Hewan pemakan daging sebelum dinosaurus ditemukan oleh para ilmuwan. Artinya ini adalah predator yang hidup sebelum zaman dinosaurus. Fosil predator yang masuk golongan reptil langka ini ditemukan di wilayah peternakan di dataran Rio Grande do Soul, bagian selatan Brazil.

Nama reptil predator itu adalah Pampaphoneus biccai dan diperkirakan hidup sekitar 265 juta tahun lalu. Spesies itu masuk dalam golongan Dinocephalian, anggota famili Anteosaurus serta eksis 40 tahun sebelum Dinosaurus merajai.

Spesies yang berukuran sebesar anjing ini hidup di benua raksasa purba yang dikenal dengan Pangaea. Spesies ini sebelumnya diduga hidup hanya di wilayah yang kini termasuk Cina, Rusia, Afrika Selatan dan Kazakhstan. Tapi, ternyata persebarannya lebih luas.

Juan Carlos Cisneros, ilmuwan Federal University of Piaui di Teresina, Brazil, seperti dikutip Daily Mail, mengungkapkan, "Fosil ini adalah anggota Anteosaurus dan memberi bukti persebaran luas dinocephalian di Pangaea."

Cisneros percaya bahwa dataran yang minim hambatan pada masa itu mendukung persebaran spesies ini ke Laurasia dan Gondwana, area paling utara dari Pangaea. Ini menjadikan spesies ini cukup tersebar luas.

Ilmuwan percaya, spesies ini musnah pada masa Permian (299 juta-251 juta tahun lalu). Saat seluruh ekosistem rusak dan spesies musnah dalam katastropi letusan gunung berapi yang bertahan 500.000 tahun. Hanya 5 persen spesies yang tersisa.

Uniknya fosil predator purba ini ditemukan berkat pengamatan dengan Google Map yang diikuti dengan penggalian langsung di lokasi. Penemuan telah dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences.

Bacaan Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar