Ular Piton Terpanjang di Dunia, Rekornya Kini Terpecahkan Dari Malaysia

Ular Piton Terpanjang di Dunia, Rekornya Kini Terpecahkan Dari Malaysia

Telah tertangkap ular piton terpanjang di dunia. Piton ini terlihat di sebuah jembatan yang sedang dibangun dekat Paya Terubong, yaitu pulau dan tempat wisata Penang. Piton sendiri merupakan spesies yang ditemukan di Asia Tenggara dan biasanya dianggap sebagai spesies reptil terpanjang.

Herme Hisyam dari pasukan pertahanan sipil Malaysia, departemen yang menangkap ular itu, mengatakan bahwa pekerja konstruksi membutuhkan waktu 30 menit untuk menangkapnya. "Ular ini berukuran sekitar 8 meter dan beratnya diperkirakan sekitar 250 kg," ujar Hisyam.

Sebelumnya, The Guinness Book of World Record memberikan gelar ular terpanjang kepada Medusa, yang juga spesies piton. Hingga saat ini, ular yang berhabitat di Missouri, Amerika Serikat itu masih memegang rekor ular terpanjang yang pernah ada.

Saat diukur pada 2011, Medusa hanya memiliki panjang 7,67 meter. Ular tersebut diperkirakan memiliki berat 158,8 kg. Berat itu jauh lebih ringan 90 kg dari ular yang ditemukan di Malaysia. Artinya ular terpanjang di dunia sekarang sudah ditemukan dan berada di Malaysia.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar