Mau Lihat Surfer Kece Beraksi? Datang Saja ke Pantai Ini

Mau Lihat Surfer Kece Beraksi? Datang Saja ke Pantai Ini

Selain tanning dan menyelam, kegiatan serulainnya yang bisa dilakukan di pantai adalah olahraga selancar air atau bahasa bekennya sering disebut surfing. Olah raga ini benar-benar memacu adrenalin karena kita dituntut untuk bisa berdiri di atas gulungan ombak besar hanya dengan bermodalkan sebuah papan. Tapi olahraga ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Selain butuh keberanian lebih, kamu pun harus melalui berbagai tahap latihan agar bisa menjadi seorang surfer handal. Tapi tenang saja, meskipun kamu tidak punya cukup nyali untuk berdiri di atas gulungan ombak yang ganas, olahraga ini tetap bisa kamu nikmati tanpa harus menjadi seorang surfer profesional kok.

Caranya, cukup nongkrong di tepi pantai untuk menyaksikan betapa kerennya para surfer handal itu beraksi. Tapi untuk melihat aksi mereka, kamu harus terlebih dahulu pergi ke pantai-pantai berombak besar berikut:

Pantai Plekung (G - Land) - Banyuwangi
Pantai yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Ombak yang menggulung di pantai ini tingginya bisa mencapai 4 - 8 meter dengan panjang hingga 2 meter.

Ombaknya pun selalu ada sepanjang tahun. Inilah sebabnya pantai ini jadi salah satuspot surfing terbaik di dunia sekelas Hawai dan Afrika Selatan. Berbagai ajang surfing dunia pun sudah sering digelar di sini. Jadi, kamu sudah pasti bisa melihat aksi-aksi keren dari surfer nomor wahid dari berbagainegara.

Ombak di pantai Plekung dibagi kedalam empa ttitik yang terdiri dari spot Chickens yang ombaknya paling kecil, Speedies, Monkey Trees, dan Kongs yang ombaknya paling tinggi.

Jadi bukan berarti pantai Plekung ini cuma jadi panggung para surfer profesional saja. Kelas pemula dan menengah pun bisa berselancar di sini dengan beraksi di spot yang ombaknya cukup kecil.

Pulau Nias - Sumatra Utara
Selain G - Land, pulau yang ada di pesisir Barat Sumatra Utara ini juga jadi tempat favorit para peselancar dunia. Di pulau ini, ada dua spot surfing terbaik di dunia, yaitu ‘The Point’ dan ‘Indicator’. Ombak yang menggulung hingga 15 kaki di pulau ini selalu muncul sepanjang tahun.

Jadi kapan pun kamu berkunjung, kamu pasti bisa melihat aksi mendebarkan dari para peselancar profesional di sini. Btw, di pulau Nias juga ada pantai terpencil yang dikhususkan untuk peselancar pemula karena ombaknya yang cenderung kecil.

Kepulauan Mentawai - Sumatra Barat
Di lautan Mentawai ada lebih dari 70 titik untuk melakukan penyelaman. Hebatnya, tujuh diantaranya masuk ke dalam jajaran spot surfing terbaik di dunia. Beberapa titik tersebut diantaranya, Hollow Trees atau Lance’s Right, Lance’s Left, Telecopes, Mancaronies, Iceland, danScarcrows.

Karena ombaknya yang menarik, bukan hanya peselancar profesional yang datang untuk merasakan sensasi berselancar di sini. Seorang selebritis dunia yang pernah bermain di film The Hunger Games bernama Liam Hemsworth pun tertarik untuk menantang ombak mentawai.

Kepulauan Mentawai bukan cuma tempat yang cocok untuk para surfer profesional saja. Di sini ada banyak kegiatan selain berselancar yang bisa dinikmati oleh siapa pun. Mulai dari berjemur di pantaitropis yang eksotis, melihat pemandangan bawah laut Mentawai yang indah, melihat keunikan budaya masyarakat mentawai, dan mencicipi kuliner khas yang mampu membuatl idah bergoyang.

Nusa Uluwatu - Bali
Uluwatu bukanhanya terkenal dengan Pura Luhur Saja. Di sini pun terdapat pantai dengan ombak yang sangat menantang untuk melakukan surfing. Di waktu tertentu, ombak di pantai Uluwatu bisa mencapai tinggi 8 meter. Makanya, tak heran banyak peselancar dari berbagai dunia yang tertarik untuk menantang keganasan ombaknya.

Namun, ombak besar di Uluwatu sangat tidak cocok untuk kamu yang baru belajar berselancar. Jadi lebih baik, kamu lihat saja aksi keren mereka dari tebing atau pantai berpasir putih yang ada di Uluwatu.

Pantai Nihiwatu - Sumba Barat
Kalau kamu terlalu risih dengan banyaknya wisatawan yang hilir mudik di tempat surfing yang ada di Bali, datang saja kepantai Nihiwatu di Sumba Barat. Pantai sepanjang 2.5 kilometer ini tidak hanya menyajikan debur ombak yang kuat untuk ditaklukan dengan papan selancar, di sini juga suasananya sangat sepi, jauh dari hingar bingar wisatawan.

Makanya, tak heran kalau banyak peselancar hebat dari berbagai negara yang memilih pantai Nihiwatu sebagai spot surfing terbaik alternatif di selatan Indonesia selain Bali. Para peselancar dunia ini, menjuluki spot surfing di Nihiwatu dengan sebutan ‘God’s Left’.

Untuk bisa sampai ke tempat-temapt surfing terbaik tersebut dengan penerbangan yang menyenangkan, kamu bisa booking tiket Garuda Indonesia sekarang juga. Kalau mau mendapatkan tiket pesawat dengan penawarn harga terbaik, kamu cukup kunjungi situs Reservasi.com untuk mencari tiket promo pesawat.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar