Stres Karena Sibuk Kerja Coba Ringankan Dengan Cara Begini

Stres Karena Sibuk Kerja Coba Ringankan Dengan Cara Begini

Stres karena sibuk kerja yuk coba ringankan dengan cara begini. Apapun alasannya, kamu tidak akan bisa menghindari sebuah pekerjaan yang sudah tentu merupakan tanggung jawabmu, ketika kamu sudah sampai di tempat kerja.

Bagaimana pun keadaanmu saat itu, baik sedang malas, atau sedang memiliki masalah, kamu harus tetap menyelesaikan tugas atau pekerjaan tersebut, terutama jika pekerjaan yang kamu emban memiliki tenggat waktu atau deadline yang singkat.

Namun tenang, untuk menanggulangi tekanan yang kamu terima di tempat kerja akibat pekerjaan yang menumpuk, ada beberapa metode yang dapat kamu terapkan.

Pada artikel ini kita akan membahas buat kamu sekalian sahabat mengenai bagaimana mengelola stres pada masa-masa sibuk di tempat kerja, untuk membantu kamu menjalani kehidupan kerja dengan lebih baik. Berikut ini ulasannya :

Rencanakan Untuk Mengambil Cuti
Jika kamu seorang pekerja, yang bekerja pada bidang pekerjaan industri yang mana kamu dapat memprediksi masa-masa sibuk yang akan kamu hadapi, rencanakanlah untuk mengambil cuti baik sebelum dan sesudah masa-masa sibuk tersebut.

Mengambil cuti beberapa hari sebelum masa sibuk tiba, dapat membantu kamu untuk menyegarkan pikiran sehingga saat kamu kembali ke kantor, kamu akan merasa lebih segar dan lebih siap untuk menghadapi pekerjaan yang sulit sekalipun.

Nah, sementara itu setelah masa-masa sibuk dalam pekerjaan kamu telah berlalu, sebaiknya kamu mengambil cuti juga dan merencanakan sebuah liburan ke suatu tempat, agar kamu dapat memulihkan kondisi tubuh serta pikiran yang telah penuh oleh pekerjaan yang begitu banyak tersebut.

Sebaiknya kamu juga tidak lupa untuk beristirahat sejenak, meskipun pada hari-hari kerja biasa. Karena tahukah kamu?, bahkan istirahat 5 menit untuk pergi ke kamar mandi atau hanya sekedar minum pada hari-hari kerja seperti biasanya, dapat juga membantu menjernihkan pikiran kamu.

Jaga Kesehatan Tubuh
Kamu juga tidak boleh melupakan aspek kesehatan tubuh kamu, karena jika kamu tidak melupakannya atau tidak memperhatikannya, justru hal tersebut dapat membuat kamu menjadi lebih stres lagi.

Mulailah dengan memilih makanan sehat, dengan mengurangi porsi makan makanan kecil setiap harinya. Hal tersebut bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah, serta dapat membantu kamu untuk bisa lebih fokus dan lebih berenergi, dan menstabilkan tingkat emosi.

Kamu juga harus memperhatikan pola tidur, sebaiknya pada malam hari kamu memperoleh waktu tidur yang cukup pada malam hari.masukan dalam daftar rutinitas kamu, dalam satu hari kamu harus memenuhi waktu tidur selama kurang lebih 8 jam setiap malamnya.

Jika kamu tidak memperoleh waktu yang cukup untuk istirahat dan mengisi energi kamu kembali, yang akan terjadi ketika kamu bangun dan pergi bekerja adalah kamu akan memiliki kinerja yang buruk.

Temukan Waktu Paling Produktif
Sebagian orang secara alami, lebih produktif dalam bekerja selama berjam-jam pada waktu pagi hari, dan sebagian lainnya justru lebih produktif dalam bekerja pada waktu malam hari.

Oleh sebab itu sebaiknya kamu temukan pula waktu terbaik untuk kamu mengerjakan sebuah pekerjaa, dengan catatan pemimpin perusaan di tempat kamu bekerja memberikan keleluasaan pada kamu untuk mengerjakan pekerjaan yang ia berikan.

Bekerja pada waktu yang tidak tepat merupakan hal yang sia-sia, karena hal tersebut hanya akan memberikan tekanan lebih pada diri kamu tanpa ada hasil. Jadi yang lperlu kamu tekankan adalah bukan seberapa lama kamu bekerja, tetapi ini mengenai tugas yang kamu selesaikan selama jam kerja.

Jangan Terlalu Memaksakan Diri
Tidak apa-apa sesekali bekerja lembur ketika kamu memiliki tugas atau pekerjaan yang begitu banyak, tetapi ingat sebaiknya sesekali saja jangan terlalu sering. Karena ketika kamu terlalu banyak bekerja, tetapi tingkat produktivitas pekerjaan kamu justru menurun itu artinya ada yang salah dengan dirimu. Kamu pastinya membutuhkan liburan.

Ketika kamu terus bekerja selama kurang lebih 56 jam setiap minggunya, justru produktivitas kamu terus menurun terlebih jika kamu bekerja lebih dari 56 jam setiap minggunya. Penelitian menunjukan bahwa tidak peduli kamu bekerja sekitar 56 jam atau 70 jam dalam seminggu, hasil yang kamu peroleh akan sama saja.

Selain itu, penelitian lain menemukan bahwa para manejer kebanyakan tidak bisa membedakan antara pekerja yang bekerja lembur bahkan sampai 70 jam dalam seminggu, dengan pekerja yang tidak melakukannya. Meskipun tetap ketika para pekerja kedapatan tidak bekerja dengan baik. Dengan begitu bisa dikatakan bahwa kerja lembur bukan berarti kamu mencapai pencapaian lebih.

Evaluasi Pekerjaan Pada Masa Sibuk
Setelah kamu melewati masa sibuk dan kembali pada rutinitas kerja seperti biasanya, sebaiknya kamu menyisihkan waktu untuk melakukan sebuah evaluasi mengenai berbagai hal yang bekerja dengan baik dan tidak bekerja dengan baik pada masa sibuk yang kamu jalani.

Dengan begitu kamu bisa membuat gambaran mengenai apa yang sebaiknya kamu perbuat untuk menyelesaikan masalah tersebut, sehingga dengan begitu kamu bisa lebih mempersiapkan diri untuk masa sibuk yang akan datang.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar