Gelembung Es Harus Dihindari Jika Berkunjung Ke Sini

Gelembung Es Harus Dihindari Jika Berkunjung Ke Sini

Gelembung es harus dihindari jika berkunjung ke sini, gelembung es ini terletak di bawah danau Abraham di bagian barat Alberta, Kanada. Gelembung-gelembung ini mungkin terlihat seperti permata nan cantik yang terletak di bawah danau yang sedang membeku.

Namun sangat disarankan untuk tidak terlalu dekat dengan gelembung-gelembung tersebut saat anda berkunjung ke sana. Gelembung-gelembung es ini sejatinya merupakan kantong udara membeku yang dipenuhi oleh gas metana.

Karena itu gelembung-gelembung udara ini sangat mudah untuk terbakar apabila gelembung tersebut meletus. Sebenarnya, gas metana yang keluar dari permukaan air umumnya tidak berbahaya.

Namun apabila anda menyalakan korek api pada saat hal tersebut terjadi dapat mengakibatkan ledakan, jadi berhati-hatilah.

Gelembung-gelembung tersebut terbentuk di dalam air pada saat terdapat organik mati (tumbuhan atau hewan) yang terjatuh ke dalam air dan tenggelam ke dasar danau, organik mati tersebut merupakan makanan bagi bakteri yang ada di dasar danau.

Bakteri kemudian memakan bangkai organik mati dan menghasilkan gas metana dari proses defekasi, yang mana metana tersebut berubah menjadi gumpalan yang mengapung pada saat terkena kontak oleh air es.

Gas metana terbentuk di ribuan danau di sekitar arktik, namun mengurangi permafrost (tanah yang berada di titik beku), hal ini berarti semakin banyak gas metana yang diproduksi dan dilepaskan hal tersebut dapat berdampak buruk terhadap lingkungan dan dapat memperburuk global warming.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar