Hewan Terkecil Di Dunia, Dengan Penampilan Unik Lucu, Menggemaskan

Hewan Terkecil Di Dunia, Dengan Penampilan Unik Lucu, Menggemaskan

Hewan terkecil di dunia dengan penampilan unik lucu menggemaskan. Hewan memiliki ukuran berbeda karena gen antar hewan yang berbeda pula. Seperti halnya hewan-hewan berikut ini, mereka berukuran sangat kecil dan sangat lucu karena perbedaan itu.

1. Speckled Padloper Tortoise
Specled Padloper tortoise (Homopus signatus) merupakan spesies kura-kura terkecil di dunia, dengan ukuran pejantannya sekitar 6-8 cm sementara betinanya dapat mencapai ukuran 10 cm.


Kura-kura ini merupakan hewan endemik Afrika Selatan. Cangkangnya yang berbintik-bintik merupakan senjata untuk berkamuflase dengan batuan-batuan di habitatnya.

Namun sayangnya, spesies kura-kura ini sangatlah terancam keberadaannya. Tidak hanya karena habitatnya yang kian lama kian rusak, kura-kura ini sering diambil dalam jumlah banyak untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

2. Gurita Wolfi
Gurita Wolfi merupakan spesies gurita terkecil di dunia. Gurita ini pertama kali ditemukan dan diklasifikasikan pada tahun 1913.


Gurita wolfi dewasa memiliki berat tidak lebih dari 1 gram, dengan panjang mencapai 1,5 cm, sangking kecilnya mereka dapat anda bawa dengan menggunakan satu jari saja. Gurita ini dapat ditemukan di Lautan Indo-Pasifik.

3. Hippocampus Denise
Hippocampus denise merupakan spesies kuda laut kecil lucu yang semula dapat ditemukan di Indonesia. Hewan ini juga pernah tercatat ditemukan di beberapa wilayah seperti Vanuatu, Palau, Malaysia, Kepulauan Solomon, dan juga di daerah Jepang bagian selatan dan Australia bagian utara.


Habitat dari kuda laut ini merupakan batu karang. Hippocampus Denise awalnya dikira merupakan bayi daru kuda laut, namun fakta nya Hippocampus dewasa hanya memiliki ukuran sekitar 16 mm.

Dengan ukurannya yang kecil dan kemampuannya untuk membaur di koral membuatnya sangat sulit untuk dijumpai. Sayangnya, spesies kuda laut lucu ini kini sedang dalam status terancam.

4. Pygmy Marmoset
Pygmy marmoset (Cebuella pymaea) merupakan spesies monyet terkecil di dunia, dengan berat lebih dari 100 gram. Dewasanya dapat tumbuh hingga 16 cm panjangnya, seukuran kepalan tangan anda.


Tidak termasuk dengan ekor yang memiliki panjang melebihi panjang tubuhnya sendiri, 20 cm. Tidak seperti monyet-monyet lainnya, ekor ini hanya berfungsi sebagai penyeimbang tubuh.

Mereka hidup berpasang-pasangan, dan hidup dalam suatu kelompok maksimal 9 ekor. Pygmy marmoset ditemukan pertama kali di hutan hujan Amerika Selatan. Sayangnya, lagi-lagi spesies ini termasuk ke dalam spesies hewan yang terancam.

5. Kuda Einstein
Lahir di New Hampshire pada tahun 2010, Einstein merupakan kuda yang hanya berukuran tinggi 20 inci. Hebatnya, penampilan dari Einstein tidak seperti layaknya kuda kerdil lainnya, berpenampilan layaknya kuda normal lainnya hanya saja berukuran sangat kecil. Layaknya miniatur kuda sungguhan.


Sayangnya, karena ukurannya yang sangat kecil, Einstein tidak memiliki teman. Namun kini ia memiliki teman seekor kuda Stallion dewasa bernama "Playboy" dan seekor anjing St. Bernard bernama "Hannah", yang mana memiliki ukuran yang lebih besar daripada Einstein.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar