Menyeramkan Hewan Laut Unik Ini Berasal Dari Planet Lain

Mungkin hewan laut yang menyeramkan dan unik ini berasal dari planet lain, yah begitulah anggapan bebarapa orang. Hewan atau binatang memiliki keunikan dan keanehannya masing-masing. Beberapa diantaranya tergolong sangat unik sehingga seperti makhluk planet luar.

Menyeramkan Hewan Laut Unik Ini Berasal Dari Planet Lain

Sejatinya mereka masih hewan yang hidup dan berasal dari Bumi. Beberapa diantara mereka mungkin jarang diketahui oleh banyak orang.

Ubur-ubur Atolla
Ubur-ubur Atolla atau Atolla Jellyfish merupakan spesies ubur-ubur yang cukup umum dan dapat ditemukan di hampir seluruh lautan di Bumi. Namun, mungkin cukup sulit untuk menemukan ubur-ubur ini karena ia hidup di kedalaman 700 meter di bawah permukaan laut.

Ubur-ubur Atolla

Layaknya makhluk laut dalam lainnya, ubur-ubur ini memiliki sifat bioluminescent (bercahaya di kegelapan).

Sifat ini tidak dijadikan senjata untuk menangkap mangsa layaknya anglerfish, melainkan untuk kabur dari para pemangsanya. Ubur-ubur ini juga memiliki satu tentakel panjang yang digunakan untuk menangkap mangsa.

Felimare Picta
Felimare Picta merupakan spesies dari siput laut yang hidup di perairan hangat, perairan subtropis, khususnya di sekitar Perairan Mediterania dan Teluk Meksiko. Mereka merupakan hewan nudibranch, dimana mereka melepaskan cangkangnya setelah melalui tahapan larva.

Felimare Picta

Hewan ini dapat tumbuh hingga 20 cm panjangnya dan memakan beberapa jenis spons laut. Meskipun terdapat beberapa yang tercatat dapat tumbuh hingga lebih dari 64 cm.

Mereka adalah hewan moluska (seperti siput), bukannya menggunakan cangkang untuk melindunginya, mereka memiliki trik lain untuk melindungi diri mereka dengan mengeluarkan cairan asam dari tubuhnya.

Wonderpus
Wonderpus (wunderpus photogenicus)  merupakan spesies gurita langka yang ditemukan di lepas pantai Filipina. Seperti namanya, gurita yang satu ini sangatlah fotogenik atau suka sekali berfoto, karena faktanya para penyelam sering dan suka sekali untuk mengambil foto hewan ini.

Wonderpus

Mereka merupakan hewan crepuscular dimana mereka berburu mangsanya di malam hari. Senjata utamanya untuk berburu mangsa adalah kemampuan kamuflase yang sangat luar biasa, mereka dapat berpadu dengan pasir di dasar laut dan langsung menyerang jika mangsanya lengah.

Seperti kebanyakan gurita, wonderpus merupakan hewan yang sangat cerdik. Mereka juga memiliki warna dan corak yang hampir sama dengan gurita penyamar atau mimic octopus.

Giant Siphonophore
Mungkin saat pertama kali melihat hewan yang satu ini, kita mengira hewan ini adalah alien yang berasal dari planet lain. Namun sebenarnya, makhluk ini merupakan hewan yang termasuk ke dalam kelas Hydrozoa dan termasuk filum Cnidaria.

Giant Siphonophore

Hewan aneh ini hidup di laut dalam dan dapat tumbuh hingga 40 meter panjangnya. Lebih panjang daripada paus biru, vertebrata terbesar di dunia. Namun sejatinya hewan ini bukanlah satu ekor individu, melainkan sebuah koloni dari jutaan makhluk yang disebut zooids.

Setiap kelompok dari zooids tersebut memiliki tugas yang berbeda-beda, namun pada saat mereka berkerja sama, mereka akan seperti satu organisme individu.

Karena mereka hidup berkilometer di bawah permukaan laut yang memiliki tekanan air yang sangat kuat, hewan ini sangat sulit sekali untuk di pelajari. Pada saat hewan ini diangkat ke permukaan, mereka akan meletus layaknya balon karena berkurangnya tekanan.

Cacing Bobbit
Hewan ini merupakan makhluk yang paling aneh dan sekaligus menjijikan, dan juga yang paling mirip alien daripada hewan-hewan di atas. Cacing Bobbit (eunice aphroditois) merupakan spesies unik dan aneh.

Cacing Bobbit

Mungkin dapat dikatakan sebagai gabungan dari makhluk-makhluk aneh dari film Hollywood dengan sedikit sentuhan pelangi. Mereka berburu dengan cara mengubur sebagian tubuhnya dan langsung menyerang ketika mangsa tersebut lewat tanpa sadar.

Mereka dapat tumbuh hingga 3 meter panjangnya dan hidup di dasar laut. Kebanyakan dari mereka tidak ditemukan di lautan bebas melainkan secara tidak sengaja ditemukan di akuarium air asin.

Formulir Kontak