Ternyata Hewan Panjang Umur Bisa Sampai Ratusan Tahun

Hewan panjang umur bisa sampai ratusan tahun. Beberapa dari sebagian hewan hanya memiliki umur yang tidak lebih dari lima tahun. Namun, ada juga binatang yang memiliki umur yang sangat panjang dan bahkan dapat dikatakan abadi.

Ternyata Hewan Panjang Umur Bisa Sampai Ratusan Tahun

Freshwater Pearl Mussels
Freshwater Pearl Mussels (Margaritifera margaritifera) merupakan spesies remis yang 90% populasinya dapat ditemukan di daerah sekitar Skandinavia.

Freshwater Pearl Mussels

Mereka merupakan spesies yang sangat kuat dan dapat bertahan di lingkungan baru dengan sangat mudah, sehingga iklim, geologis, fisik, biologis, dan bahkan perubahan unsur kimia tidak akan mempengaruhi makhluk ini dengan mudah.

Meskipun demikian, jumlah mereka berangsur-angsur menurun dari tahun ketahun. Mereka yang berhasil selamat merupakan yang terkuat diantara spesiesnya.

Remis yang ditemukan kebanyakan telah diketahui berumur lebih dari 250 tahun, hal ini membuat mereka berkemungkinan menjadi makhluk tertua di Eropa.

Kura-kura
Kura-kura (Testudinidae) merupakan binatang yang sangat terkenal berumur panjang. Kura-kura yang sehat rata-rata dapat hidup hingga 150 tahun, namun hal ini juga tergantung dari spesies kura-kura tersebut.

Kura-kura

Kura-kura tertua di dunia, bagaimanapun juga dapat hidup lebih dari 150 tahun. Adwaita merupakan kura-kura Aldabra jantan yang telah hidup sejak tahun 1750-an, menjadikan kura-kura ini sebagai kura-kura tertua di dunia dengan umur 256 tahun hingga kematiannya 2006 lalu.

Ilmuwan mengatakan umur Adwaita adalah 250 tahun, namun ada juga yang mengatakan 255 tahun, dan yang lainnya 257 tahun.

Ocean Quahog
Ocean Quahog merupakan salah satu spesies dari kerang yang dapat dimakan dan kebanyakan dapat ditemukan di pantai Skotlandia. Spesies ini pada umumnya tidak banyak bergerak dan berliang di tanah atau lumpur, serta menggunakan insangnya untuk menghisap makanan dan oksigen.

Ocean Quahog

Untuk menghindari dimangsa, binatang ini dapat mengubur dirinya hingga ke dasar laut dan hidup di sana untuk beberapa waktu yang sangat lama tanpa harus mencari makan atau oksigen.

Tidak aneh bahwa binatang ini dapat hidup hingga 400 tahun, bahkan yang tertua yang pernah ditemukan berumur hingga 500 tahun.

Antartic Sponge
Banyak orang yang mengira spons laut bukanlah binatang, namun sesungguhnya mereka merupakan jenis binatang yang termasuk ke dalam filum porifera. Pada umumnya spons laut tidak bergerak banyak, beberapa dari mereka hanya bergerak kurang dari 1 milimeter per hari.

Antartic Sponge

Bukan hal yang aneh apabila binatang ini tumbuh dengan sangat lambat. Dikarenakan laju tumbuhnya yang sangat lambat, binatang ini memiliki umur yang sangat panjang.

Terdapat 5 hingga 10 ribu spesies dari spons laut yang dapat hidup 3 bulan hingga 20 tahun. Namun antartic sponge, memiliki umur hidup yang sangat panjang. Mereka dapat hidup hingga kurang lebih 1,550 tahun lamanya.

Ubur-ubur
Mungkin anda sudah mengetahui bahwa binatang ini memiliki umur yang sangat panjang. Salah satunya adalah spesies dari ubur-ubur yang memiliki nama Turritopsis nutricula. Mungkin sekilas binatang ini sama dengan binatang yang lainnya.

Ubur-ubur

Spesies yang baru lahir berukuran sekitar 1 mm, dengan 8 tentakel, dan ukuran dewasa mencapai 4,5 mm dengan maksimal 90 tentakel. Binatang ini berasal dari kepulauan Karibia, dan kini binatang ini dapat ditemukan di hampir seluruh lautan di dunia.

Namun, ubur-ubur ini memiliki potensi untuk menimbulkan masalah kedepannya karena binatang ini terus berkembang biak. Hal yang membuatnya unik, ubur-ubur ini bukanlah sekedar ubur-ubur saja melainkan sebuah benda hidup.

Ubur-ubur yang terlahir tumbuh layaknya binatang pada umumnya, dan pada saat mencapai umur tertentu mereka akan kembali lagi ke dalam tahap polip dan mulai untuk tumbuh lagi.

Hal ini sama halnya seperti seseorang yang berumur 50 tahun kembali lagi ke bayi, membuat binatang ini berumur sangat panjang dan bahkan bisa dikatakan abadi.

Formulir Kontak