Langsung ke konten utama

Ukuran Hewan Jadi Kecil Karena Global Warming

Ternyata ukuran hewan jadi kecil karena global warming atau pemanasan global, setidaknya inilah yang diklaim para ilmuwan dekade ini. Pemanasan global lah yang telah mengecilkan ukuran hewan tertentu di zaman purba, dan para ilmuwan khawatir hal itu bisa terjadi lagi di era modern.

Hewan berdarah panas setidaknya sudah menjadi dua kali lebih kecil dalam sejarah ketika tingkat karbon dioksida melonjak dan suhu di Bumi meningkat sebagai bagian dari pemanasan alami, kata sebuah studi terbaru.

Peneliti di University of New Hampshire, Abigail D'Ambrosia, memperingatkan bahwa mamalia, ukurannya bisa mengecil lebih cepat di masa mendatang di bawah pemanasan global. "Ini adalah sesuatu yang perlu kita awasi," kata D'Ambrosia, yang memimpin studi terbaru, seperti dikutip USA Today.

"Pertanyaannya adalah, seberapa cepat kita akan melihat perubahan ini," sambung dia. Tiga spesies berbeda tercatat menyusut sekitar 54 juta tahun silam ketika planet tiba-tiba memanas. Salah satu dari jenis kuda, menjadi 14 persen lebih kecil, dari sekitar 7,7 kilogram menjadi 6,6 kilogram, menurut sebuah analisis dari fosil gigi dalam jurnal Science Advances.

"Hewan ini mungkin dulu sebesar anjing, kemudian mereka mengecil," kata D'Ambrosia. "Kini tubuhnya menjadi seukuran kucing." Makhluk lainnya adalah hewan lemur, yang menyusut sekitar 4 persen.

Studi sebelumnya telah mendokumentasikan soal menyusutnya sejumlah mamalia, termasuk nenek moyang kuda purba, selama pemanasan sebelumnya, yang berkisar pada 56 juta tahun lampau. Para ilmuwan dan petani juga sudah lama mengawati hewan seperti sapi yang menyusut dan memberikan sedikit susu saat cuaca panas. Studi terbaru ini menunjukkan pemanasan global dan penyusutan ukuran hewan adalah dua hal yang saling terkait.

"Hasil ini sangat penting karena memberi tes independen lain mengenai apakah iklim mendorong perubahan ukuran tubuh pada mamalia," kata Jonathan Bloch, kurator paleontologi vertebrata di Florida Museum of Natural History, yang bukan bagian dari penelitian.

"Jika kita mulai melihat pola berulang, kita bisa belajar dari itu. Dan apa yang kita pelajari dari pelajaran ini tentu akan menjadi penting ketika kita berpikir tentang respons yang mungkin terjadi pada tumbuhan dan hewan dalam perubahan iklim di masa depan," sambungnya.

Kedua studi D'Ambrosia menunjukkan soal pemanasan sebelumnya didasarkan pada fosil Bighorn Basin yang ditemukan dari Wyoming. D'Ambrosia menduga penyusutan tidak hanya hanya terjadi di wilayah sana. Dalam iklim panas, mamalia dan hewan berdarah panas lainnya lebih banyak mencucurkan keringat, mereka menyusut.

Hewan yang lebih kecil memiliki lebih banyak kulit, atau bulu, per gram dari hewan yang lebih besar, hingga lebih banyak panas dapat terlepas, membuat mereka menyesuaikan diri secara lebih baik dengan iklim yang lebih hangat. Hewan yang lebih besar akan lebih baik dalam suhu dingin karena mereka memiliki kulit dan mampu menjaga panas tubuh mereka.

Postingan populer dari blog ini

Makna Tangan yang Tiba-tiba Gatal

Apa sih makna tangan yang tiba-tiba gatal ini, memang dalam dunia per klenik an atau takhayul, sesuatu yang tidak lazim kadang terjadi saat mata sering berkedip katanya bakal dapat uang banyak. Padahal mungkin saja saraf matanya rusak, haha.

Banyak sekali takhayul dan kepercayaan yang ada menjelaskan fenomena seperti ini beserta maknanya. Sahabat unikbaca yang baik serta budiman tambah lagi tidak sombong, dunia takhayul di Indonesia memang sangat kompleks.

Dikarenakan dulunya Indonesia hutan belantara yang di dalam nya banyak terdapat hantu-hantu dan setan bersemayam. Setiap orang pasti pernah merasakan gatal di tangannya baik sebelah kiri maupun sebelah kanan.

Menurut kepercayaan kuno, ternyata tangan yang gatal itu memiliki arti tersendiri, lagi-lagi ini hanya sebuah kepercayaan kuno, tidak untuk dipercayai keyakinannya.

Tangan Kanan Gatal
Tangan kanan gatal biasanya menandakan akan adanya rejeki yang diterima. Beberapa kali saya merasakan tangan kanan yang gatal dan tidak berapa l…

Kamus Lengkap Bahasa Bencong Lucu Abis, Cobadeh Baca Lucu Juga

Mau tahu kamus bahasa bencong, apa-apa saja yang sering diucapkan bencong, kata-kata bencong yang ada di pasaran, ini dia kami sajikan kamus lengkap bahasa bencong. Ngomong-ngomong tentang bahasa bencong, kata BENCONG itu dibentuk dari kata BANCI yang disisipi bunyi dan ditambah akhiran ONG. Huruf vokal pada suku kata pertama diganti dengan huruf E.

Huruf vokal pada suku kata kedua diganti dengan ONG. Bagi sahabat yang merasa macho dan keker jangan coba-coba menggunakan bahasa ini untuk berkomunikasi dengan teman-teman anda tentunya. Daftar bahasa ini hanya boleh digunkan dalam habitat aslinya, tidak untuk anak kecil dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Karena bahan mudah terbakar dan besifat racun.

Misalnya:
Makan - mekong
Sakit - sekong
Laki - lekong
Lesbi - lesbong
Mana - menong
pokoknya serba NONG

Ada juga waria atau bences yang kemudian ngeganti tambahan ONG dengan ES sehingga bentuk katanya menjadi:

Banci - bences
Laki - lekes
Akika = Aku
Begindang = Begitu
Belalang = Beli
Be…

Naik Pesawat Implan Payudara Wanita Meledak

Karena melakukan perjalanan naik pesawat, implan payudara wanita ini meledak. Implan payudaranya meletus akibat tak mampu menahan perbedaan tekanan di pesawat. Irena D mungkin menyesal pernah melakukan operasi implan payudara.

Bukan hanya lantaran harus membayar mahal, tapi operasi perbesaran hingga ukuran F itu justru membuatnya kehilangan payudara dan jatuh sakit. Seperti dikutip dari The Register, wanita asal Rusia itu harus menjalani perawatan intensif setelah melakukan penerbangan dari Moskow ke California.

Implan payudaranya itu meletus akibat tak mampu menahan perbedaan tekanan di pesawat, selama penerbangan. Wanita 45 tahun itu menderita sakit luar biasa saat transit di bandara Los Angeles. Kondisinya gawat saat turun dari sebuah pesawat Aeroflot Boeing 767-300 yang mengangkutnya. Setelah pemeriksaan intensif, dokter mengatakan bahwa sakit itu akibat letusan implan.

Meski demikian, seorang ahli bedah mengatakan, "Kemungkinan besar wanita itu sudah memiliki masalah denga…