Ads Top

Diet yang Salah, Jadi Harus Tau Dulu ini Sebelum Melakukan Semangat Diet Anda

Ternayat diet yang salah kerap kita lakukan, ada berbagai macam cara diet yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Beberapa telah melakukannya dengan cara yang benar, namun beberapa justru melakukan kesalahan fatal. Jika diet dilakukan dengan sembarangan tanpa memperhatikan kesehatan, maka yang terjadi justru sakit.

Diet yang Salah


1. Melewatkan Sarapan
Sarapan itu sangat penting bagi kesehatan. Pada pagi hari lambung kita kosong setelah dikuran semalaman. Lambung butuh makanan untuk menetralisir asam lambung. Tanpa adanya makanan gerakan lambung yang bersifat asam akan melukai dinding lambung.

Inilah yang menyebabkan sakit maag. Selain menyebabkan sakit maag, cara diet dengan melupakan sarapan juga akan merusak otak. Otak kita membutuhkan glukosa sebagai makanannya. Pada pagi hari kadar gula darah dalam keadaan rendah.

Padahal aktivitas pagi mewajibkan otak untuk berpikir. akibatnya glukosa di dalam tubuh terus menurun. Bila tidak segera diisi otak akan kekurangan makanan dan akhirnya terjadi kematian saraf.

2. Tanpa Karbohidrat
Banyak diantara kita yang tidak mau mengonsumsi makanan berkarbohidrat sama sekali. Padahal, kebutuhan utama tubuh adalah glukosa yang banyak didapat dari karbohidrat. Tanpa karbohidrat kemungkinan besar kebutuhan glukosa tidak terpenuhi. Diet yang benar adalah dengan mengurangi jumlah karbohidrat, buka menghilangkannya sama sekali.

3. Olahraga Berlebihan
Olahraga berlebihan dengan tujuan menurunkan berat badan secara cepat bukanlah pilihan yang baik. Olahraga memiliki ritme dan ambang batas maksimal. Olahraga keras seperti lari di siang hari agar mengeluarkan banyak keringat sangat tidak dianjurkan.

Memang di satu sisi cadangan lemak banyak terbakar, namun sengatan ultraviolet juga menyebabkan penyakit kanker. Melakukan olahraga berlebih hingga terasa sesak dan lemas juga akan merusak metabolism glukosa.

Kegiatan tersebut dapat menurunkan glukosa darah secara drastic. Karena merasa lemas, biasanya orang yang olahraga berlebih akan makan dengan porsi besar setelahnya. Akibatnya gula darah naik cepat. Fluktuasi gula darah ini akan merusak kelenjar penghasil insulin.

4. Vegetarian
Beberapa orang memilih menjadi vegetarian agar dapat hidup sehat dan berat badan menurun. Padahal, tubuh memerlukan asupan gizi secara lengkap. Hanya memakan sayuran saja tidak akan dapat memenuhi kebutuhan gizi sehingga metabolism tubuh terganggu.

Sebagian menganggap bahwa makanan hewani identik dengan lemak sehingga harus dijauhi. Persepsi ini tentu tidak benar. Makanan hewani juga kaya akan protein, vitamin A, dan zat besi yang tidak ditemukan dalam sayuran.

Seorang vegetarian dalam waktu lama akan mengalami perlambatan regenerasi sel, terutama sel darha merah. Keadaan ini sangat tidak sehat. Yang perlu dihindari bukan makanan hewani, namun makanan tinggi lemak dan glukosa.

Bila ingin diet lemak, sebaiknya tidak mengonsumsi jeroan, kulit, dan gajih. Kurangi juga kuning telur namun jangan dihindari sepenuhnya.  Hewan yang dagingnya berkolesterol tinggi adalah itik dan kambing. Sedangkan putih telur, daging tanpa gajih, dan ikan adalah makanan berprotein tinggi.

5. Mengurangi Cairan
Cairan memang terkadang membuat perut terlihat buncit. Namun, hal itu tidak berlangsung lama karena ginjal akan mengeluarkannya dengan cepat. Beberapa saat setelah minum Anda pasti akan ke belakang untuk BAK.

Asupan cairan sant penting untuk menjaga temperature tubuh, melembabkan kulit, melarutkan beberapa vitamin, dan fungsi lainnya. Seseorang yang kekurangan cairan akan terlihat kering dan kusut. Cairan tidak menyebabkan gemuk, justru dapat membuat Anda terlihat segar.

6. Minum Obat Pelangsing
Banyak produk obat pelangsing yang diiklankan. Semua mengatakan dapat menurunkan berat badan dengan cepat tanpa efek samping. Seperti hokum alam, semua iklan tidak mungkin memberitahukan sisi negatifnya.

Ingat, di satu sisi obat bisa menyembuhkan namun disisi lain bisa jadi racun. Obat pelangsing yang dijual bebas tidak menjamin keamanannya untuk dikonsumsi. Sebaiknya hindari obat-obatan kimia yang menawarkan untuk melangsingkan secara cepat. Bila memang perlu obat lebih baik berkonsultasi dengan dokter.

Anda juga bisa mengambil piihan herbal yang aman seperti the hijau dan air jeruk. Asal tidak dikonsumsi saat perut kosong kedua minuman yang dapat membantu melarutkan lemak  tersebut tidak berbahaya.

7. Mengganti Makanan Pokok dengan Camilan
Banyak yang mengira bahwa makan nasi lengkap dengan lauk pauknya adalah penyebab utama kegemukan. Anggapan ini tidak bisa dibenarkan sepenuhnya. Masalahnya, tubuh kita memang memerlukan makanan empat sehat lima sempurna tersebut.

Jadi cara diet seperti ini justru kurang sehat. Sebagian orang mengganti makanan sehat di atas dengan camilan. Padahal belum tentu camilan tersebut dapat memenuhi kebutuhan gizi harian secara lengkap.

Kebanyakan cairan justru hanya mengandung gula dan zat adiktif yang berbahaya. Yang benar adalah hindari camilan dan konsumsi makanan empat sehat lima sempurna dengan dikurangi porsinya.

8. No Lemak
Menghindari lemak 100% bukanlah hal yang dibenarkan. Tubuh kita tetap memrlukan lemak, namun dalam jumlah kecil. Pilih lemak tak jenuh yang dibutuhkan tubuh dan konsumsi dalam kadar yang diperlukan. Jadi, bukan membuang semua makanan berlemak.

9. Semakin Sedikit Makan Semakin Cepat Kurus
Porsi makanan untuk orang yang sedang diet memang perlu dikurangi, namun bukan berarti di bawah kebutuhan tubuh. Pengurangan porsi dilakukan secara bertahap bukan serta merta. Tubuh akan melakukan adaptasi jika Anda langsung mengurangi makanan secara drastic sehingga yang didapat hanyalah rasa lapar berkepanjangan, bukan penyusutan.

Cara diet seperti diatas perlu dihindari agar tidak terjadi kesalahan metabolism. Kesalahan diet juga menyebabkan berat badna sulit turun. Jadi, pilihlah cara diet sehat yang mempertimbangkan nilai-nilai kesehatan.
Diet yang Salah, Jadi Harus Tau Dulu ini Sebelum Melakukan Semangat Diet Anda Diet yang Salah, Jadi Harus Tau Dulu ini Sebelum Melakukan Semangat Diet Anda Reviewed by UNIKBACACOM on 14.32 Rating: 5