Ads Top

Kayu Sekuat Baja Kini Sudah Ada Para Ilmuwan Berhasil Memodifikasi Kayu

Ada kayu sekuat baja, dan kini sudah dapat dibuat. Baru-baru ini ilmuwan di Amerika mengungumkan bahwa mereka telah menemukan cara memodifikasi kayu menjadi sekuat baja bahkan titanium. Penelitian ini dipimpin oleh Liangbing Hu dari University of Maryland.

Kayu Sekuat Baja

Menurutnya dengan metodenya ini akan membuat sebuah kayu 12 kali lebih kuat daripada kayu biasa dan 10 kali lebih keras. Temuan ini tentunya akan sangat berguna dan menjadi alternatif lain dari baja ataupun titanium dan karbon fiber karena harganya akan lebih murah.

Lalu bagaiman mereka memodifikasi kayu tersebut, simak penjelasan berikut ini. Proses modifikasi kayu dimulai dengan cara menghilangkan lignin terlebih dahulu dari kayu tersebut. Sebagai informasi lignin (zat kayu) merupakan salah satu zat komponen penyusun tumbuhan.

Lignin ini yang membuat kayu menjadi kaku dan keras serta berwarna coklat. Setelah proses ini selesai, dilanjutkan dengan melakukan kompresi pada suhu 100°C selama satu hari. Proses ini akan menyebabkan kayu 5 kali lebih tipis dari ukuran semula. Setelah itu baru dilakukan pengecatan.

Menurut ketua peneliti, Liangbing Hu proses kompresi akan menyebabkan fiber pada kayu menjadi lebih mampat dan akan membentuk ikatan hidrogen yang sangat kuat. Jika dianalogikan seperti kerumunan orang yang sangat padat sehingga tidak dapat bergerak.

Kerumunan itu menjadi padat dan saling berpegangan tangan. Mekanisme modifikasi ini juga dianggap sebagai proses yang sederhana serta dapat diaplikasikan pada jenis kayu yang berbeda-beda.

Dari hasil pemeriksaan densitas (kepadatan) kayu tersebut yang dilakukan oleh Profesor Teng Li, menunjukkan bahwa kayu hasil modifikasi ini mempunyai kekerasan seperti baja namun 6 kali lebih ringan, sungguh luar biasa juga ya penelitian para ilmuwan ini.
Kayu Sekuat Baja Kini Sudah Ada Para Ilmuwan Berhasil Memodifikasi Kayu Kayu Sekuat Baja Kini Sudah Ada Para Ilmuwan Berhasil Memodifikasi Kayu Reviewed by UNIKBACA.COM on 10.58 Rating: 5