Sehat Dari Kuku, Ternyata Kuku Bisa Gambarkan Kesehatan Tubuh Anda

Sehat dari kuku kita, ya ternyata sehat atau tidaknya kita bisa dilihat dari kuku kita juga, dan bisa menggambarkan kesehatan tubuh kita. Tangan dan kuku jari tangan terawat bukan hanya memperindah penampilan seseorang, tapi juga cerminan kesehatan Anda.

Sehat Dari Kuku

Diagnosa penyakit atau masalah kesehatan pada seseorang dapat dilihat dari warna atau bentuk kuku. Menurut para pakar dermatologi, perubahan pada kuku jari tangan dapat disebabkan berbagai pengaruh dari luar. Kasus kuku yang rapuh dalam kurun waktu menunjukkan kurangnya zat besi atau gangguan amandel.

Dr. Indrawati Widjaja SpKK , ahli dermatologi menjelaskan kondisi kuku yang berubah dari sebelumnya bisa menjadi indikasi adanya penyakit setempat pada kuku yang disebabkan infeksi jamur atau penyakit yang terkait dengan kondisi lainnya.

"Dengan kata lain, kuku juga bisa sebagai alarm sistem alami tubuh bila salah satu organnya tidak bekerja dengan baik," kata Indrawati. Jika suatu hari warna kuku Anda berubah dan kelihatan aneh, ini menunjukkan suatu gejala penyakit dan sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Kuku Kebiruan
Menunjukan tubuh kekurangan oksigen, penyakit paru-paru atau diabetes. Kuku Pucat
Bila kuku anda kelihatan pucat, ini menunjukan gejala anemia, penyakit jantung atau penyakit hati.

Kuku Kuning
Bisa disebabkan karena anda terlalu sering menggunakan cat kuku atau bisa juga karena infeksi jamur.

Kutikula Merah dan Kuku Bengkak
Merupakan gejala penyakit LUPUS atau adanya gangguan jaringan ikat. Kuku atau Garis dibawah

Kuku Biru Kehitaman
Waspada bila kuku berwarna biru-hitam, ini bisa merupakan gejala penyakit serius yaitu kanker kulit melanoma. Segeralah berobat ke dokter. Selain kelainan pada warna kuku.

Anda juga harus melakukan perawatan jika kuku tangan dan kaki Anda mengalami masalah berikut :

Nail Diseases
Kuku memang hebat karena bisa menunjukkan gejala awal dari penyakit tertentu. Untuk itu jangan lupa menjaga kesehatannya dengan mengenali yang perlu segera Anda obati. Sebagai contoh, infeksi jamur. Kuku yang tampak kering, menebal, namun mudah patah dan hancur di tepi luarnya. Jemari Anda akan terasa perih, memerah bahkan bisa mengeluarkan nanah. Ini bisa disebabkan oleh pemakaian sepatu tertutup.

Cara pengobatannya, Anda cukup memberikan obat dengan formula anti jamur. Dengan mengoleskan layaknya Anda menggunakan kuteks atau salep.

Nail Appearance
Coba perhatikan kuku Anda. Lihat bagaimana bentuk, warna serta teksturnya? Normalnya, kuku yang sehat terlihat dari bentuknya yang kokoh, tidak mudah patah dan tidak lunak. Bantalan kuku berwarna pink menandakan lancarnya peredaran darah di dalam tubuh Anda.

Namun ketika tampilan kuku Anda tidak seperti biasanya dan terlihat tanda-tanda keanehan, sebaiknya segeralah Anda melakukan check up ke dokter untuk memastikan apakah Anda memang sedang menderita suatu penyakit.

Tengok saja sebagian orang yang menderita gejala emphysema pada paru-paru, terutama gangguan sistem pernapasan yang kronis biasanya dapat disertai dengan gejala pertumbuhan kuku lambat dan berwarna kuning. Selain itu, permukaan kuku yang tampak tipis dan cekung, biasanya pertanda jika Anda kurang mendapat asupan zat besi dalam tubuh.
Sehat Dari Kuku, Ternyata Kuku Bisa Gambarkan Kesehatan Tubuh Anda Sehat Dari Kuku, Ternyata Kuku Bisa Gambarkan Kesehatan Tubuh Anda Reviewed by Kendawangan on 3/20/2019 01:34:00 PM Rating: 5