Ads Top

Air Laut Asin Mengapa, Tau Gak Sih Air Laut Terasa Asin, Cari Tau Jawabannya

Tau gak sih air laut asin mengapa ya, kok terasa asin begitu, sempat bertanya mengapa air laut asin, dari mana rasa asin itu, apakah karna keringat ikan, itu mungkin jawaban konyol. Kita mesti tahu jawabannya dengan ilmiah.

Air Laut Asin Mengapa

Mudah-mudahan artikel ini dapat mengulas rasa penasaran masalah sumber keasinan air laut. Air laut mempunyai kandungan garam rata-rata 3, 5%. Berarti dalam 1 liter (1000 mL) air laut ada 35 gr garam (terlebih, tetapi tidak semuanya, garam dapur/NaCl).

Meskipun umumnya air laut di dunia mempunyai kandungan garam sekitaran 3,5 persen, air laut juga tidak sama kandungan garamnya, yang paling tawar yaitu di timur Teluk Finlandia serta di utara Teluk Bothnia, keduanya sisi dari Laut Baltik.

Paling asin yaitu di Laut Merah, dimana suhu tinggi serta aliran terbatas buat penguapan tinggi serta sedikit masukan air dari sungai-sungai. Air laut mempunyai kandungan garam karna bumi dipenuhi dengan garam mineral yang ada didalam batu-batuan serta tanah.

Misalnya natrium, kalium, kalsium, dan lain-lain. Jika air sungai mengalir ke lautan, air itu membawa garam. Ketika berlangsung hujan di daratan, air juga akan meresap dalam tanah serta sedikit untuk sedikit juga akan keluar sekali lagi lewat sungai-sungai dam pada akhirnya menjangkau laut.

Ketika perjalanan menuju ke laut itu air dari daratan juga membawa garam-garam mineral sehinga laut dipenuhi garam-garam mineral.

Kita ketahui laut memiliki permukaan yang begitu luas hingga hal semacam ini jadi salah satu aspek penguapan yang cukup besar, ketika air laut menguap yang menguap hanya H2O (air) tengah garam garam mineral tetap tinggal dengan air laut, demikianlah sehinggga air laut terasa asin.

Kandungan keasinan air laut ini di pengaruhi oleh aspek suhu, umumnya makin panas daerah itu air lautnya makin asin, pertanyaannya mengapa sungai dan danau tidak asin rasanya ya?

Permukaan air danau kurang luas sehinggga penguapannya tidak demikian besar, maksudnya air yang menguap dengan air yang masuk ke danau masih tetap balance serta sumber mineralnya begitu terbatas, berbeda dengan laut yang sumber mineralnya dari beragam penjuru dunia jadi satu.
Air Laut Asin Mengapa, Tau Gak Sih Air Laut Terasa Asin, Cari Tau Jawabannya Air Laut Asin Mengapa, Tau Gak Sih Air Laut Terasa Asin, Cari Tau Jawabannya Reviewed by UNIKBACA.COM on 13.46 Rating: 5