Negara Paling Ketat Internet, Negara ini Akses Internet Dibatasi, Pengen Kesana?

Ada negara paling ketat terhadap internet, warganya dibatasi mengakses internet, bukan hanya media sosial tapi internet secara keselurugan, memang ada sejumlah negara yang kelewat ketat membuat aturan berinternet bagi rakyatnya.

Negara Paling Ketat Internet

Negara-negara ini disebut sebagai negara paling dimusuhi internet, demikian disebut En.rsf. org, sebuah lembaga internasional untuk jurnalis warga. Berbagai alasan dijadikan tameng negara-negara ini untuk mengikat warganya agar tak bebas online.

Pun demikian, tetap saja ada perlawanan dari para netter. Hingga akhirnya, 'jalan tikus' pun dipilih agar terbebas dari belenggu pemerintah. Mau tahu negara-negara mana saja yang termasuk 'musuh' internet. Berikut di antaranya :

China
Tidak usah dipertanyakan lagi, China merupakan negara terketat dalam memberlakukan penyaringan internet. Pemerintah Negeri Tirai Bambu sangat berhati-hati dalam memonitor perkembangan teknologi dan memastikan bahwa tidak ada celah untuk kebebasan berekspresi.

Internet China

Meskipun memiliki jumlah blogger yang mencapai 17 juta orang, tetapi masih sedikit yang mengkritik pemerintah. Hal ini disebabkan China menyaring kata-kata yang subversif. Selain itu, berbagai perusahaan yang menjalankan layanan di bidang internet, ditekan dengan kontrol konten yang ketat.

Bahkan, pemerintah mempekerjakan tentara untuk memoderatori konten-konten yang diproduksi oleh blogger. Hasilnya, sepanjang milenium ketiga ini, China telah menahan 77 pengguna internet.

Vietnam
Berbeda dengan China, Vietnam lebih halus dalam melakukan pengendalian terhadap berita dan informasi di negaranya. Bahkan, Vietnam tampak ragu-ragu dalam menindak pembangkangan yang terjadi di negaranya.

Internet Vietnam

Dan sikap pemerintah yang tampaknya bersabar ini, membawa angin segar bagi gerakan Pro-Demokrasi Vietnam yang menggunakan internet untuk mengorganisasikan dan menyebarkan berita-berita independen.

Iran
Penindasan terhadap blogger di negara ini menurun setelah tahun sebelumnya menahan 20 orang pengguna internet. Meskipun begitu, penyaringan internet terus terjadi dan meningkat. Bahkan, Iran mengklaim telah melakukan penyaringan terhadap 10 juta situs web, termasuk di dalamnya situs pono, politik, dan situs yang berhubungan dengan agama.

Internet Iran

Namun sensor terkonsentrasi pada situs web yang mengangkat isu hak-hak wanita. Bahkan pemerintah memutuskan untuk melarang koneksi broadband. Hal ini menjelaskan bahwa pemerintah mencegah pengguna internet di negaranya agar tidak mengunduh konten-konten barat seperti film dan lagu.

Syria
Syria merupakan penjara terbesar di Timur Tengah untuk para pembangkang cyber. Baru-baru ini, 3 orang ditahan karena melakukan kritik terhadap mereka yang berwenang di ranah online. Ketiga tahanan tersebut disiksa dengan kondisi yang tidak manusiawi.

Internet Syria

Pemerintah setempat juga melarang akses terhadap situs-situs berbahasa Arab oposisi dan situs yang berkaitan dengan suku minoritas Kurdi, Syria.

Myanmar
Kebijakan internet pemerintah Myanmar lebih keras dibandingkan negara tetangganya, China dan Vietnam. Pemerintah Junta Militer dengan gamblang menyaring situs web pihak oposisi. Pemerintah juga memonitor dengan ketat setiap aktivitas pengguna internet di warung internet di negara tersebut.

Internet Myanmar

Mereka menargetkan telepon internet dan layanan obrolanonlineserta memblokir Google Talks. Hal ini mereka lakukan dengan alasan untuk mempertahankan keuntungan dari pasar telekomunikasi jarak jauh yang dikontrol pula oleh perusahaan negara.

Pemerintah Myanmar juga pernah melakukan penahanan terhadap pengguna internet yang dianggap sebagai ancaman. Jadi kalian pada tahu nin, dinegara kita masih bebas mengakses internet dan media sosial, namun jangan kebablasan, bikin berita hoax dan mengadu domba ya.
Negara Paling Ketat Internet, Negara ini Akses Internet Dibatasi, Pengen Kesana? Negara Paling Ketat Internet, Negara ini Akses Internet Dibatasi, Pengen Kesana? Reviewed by Kendawangan on 5/31/2019 09:18:00 PM Rating: 5