Lipan Besar Mengerikan Lihatnya, ini Spesies Lipan Terbesar yang Huni Bumi

Lipan besar mengerikan bisa dibilang ini adalah Lipan terbesar yang sekarang menghuni Bumi kita. Lipan atau Kelabang yang dalam bahasa Inggris adalah centipede merupakan hewan arthropoda yang tergolong dari kelas Chilopoda dan upafilum Myriapoda.

Lipan Besar Mengerikan

Kelabang adalah hewan metameric yang memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya. Hewan ini termasuk hewan yang berbisa, dan termasuk hewan nokturnal atau yang aktif pada malam hari, namun kadang kala kita bisa menemukan mereka di siang hari sekalipun.

Lipan Galapagos
Scolopendra galapagoensis (lipan raksasa Galapagos) yang terbesar adalah 30-40cm panjang 44 - 46 cm. Habibat penyebaran, di Kepulauan Galapagos Island Santa Cruz, di daerah pesisir Ekuador, Peru selatan, di Kepulauan Cook. Warna hitam raksasa lintibang di Raja. Terdapat juga penemuan jenis yang berukuran 62 cm.

Lipan Galapagos

Lipan Peru
Scolopendra Caribiaenensis di pulau Curacao, Holland Anttilles telah ditemukan hingga 41-42cm dari individu liar. Habitat penyebaran, Karibia pulau Trinidad, Amerika Selatan, Peru, Ekuador, Brazil, the Amazon River Basin negara dan daerah

Lipan Peru

Lipan Amazon
Scolopendra gigantea Robusta (Lipan raksasa amazon) panjang 25-30cm. Habitat penyebaran, Brazil, Ekuador, Peru, the Amazon River Basin negara dan daerah. Umumnya tubuh berwarna merah, hitam sebagai individu, adalah hasil dari setiap perbedaan warna berubah, dan lainnya adalah hitam individu sebenarnya lipan raksasa Galapagos.

Lipan Amazon

Karena yang paling meyakinkan adalah yang paling banyak disirkulasikan foto masing-masing sepanjang 44cm, jauh lebih besar daripada rata-rata lipan amazon raksasa

Lipan Puerto Rico
Scolopendra sp.cf.crudelis (Lipan raksasa puerto rico) panjang 20-25cm. Habitat penyebaran, di Karibia, Puerto Rico, Haiti dan negara-negara lain dan daerah amerika selatan

Lipan Puerto Rico

Lipan Vietnam
Scolopendra subspinipes (lipan raksasa Vietnam) 18-25cm panjangnya. Habitat penyebaran, hutan hujan vietnam.

Lipan Vietnam

Lipan Malay
Scolopendra subspinipes ssp. (lipan raksasa malay) 18-20cm panjangnya. Habitat penyebaran, di Malaysia, Indonesia.

Lipan Malay

Lipan Pasifik
Scolopendra subspinipes dehaani (Hastelloy lintibang) 16-20cm panjangnya. Habitat penyebaran, secara luas di negara-negara barat dan wilayah Pasifik.

Lipan Pasifik

Kanyak jenis lintibang ini, karena distribusi Scolopendra subspinipes dekat dengan daerah tropis, sehingga tubuh juga lebih besar. Di wilayah Kepulauan Solomon masing-masing panjang lebih dari 20cm.
Lipan Besar Mengerikan Lihatnya, ini Spesies Lipan Terbesar yang Huni Bumi Lipan Besar Mengerikan Lihatnya, ini Spesies Lipan Terbesar yang Huni Bumi Reviewed by Kendawangan on 6/13/2019 04:11:00 PM Rating: 5