10 Tips Membangun Rumah Milenial Low Budget

Generasi milenial saat ini sangat menyukai hunian dengan konsep minimalis, artistik dan tentunya nyaman untuk ditinggali. Untuk mewujudkan hal ini, bisa Anda lakukan dengan berbagai cara.baik membeli rumah jadi atau membangun rumah dari nol.

10 Tips Membangun Rumah Milenial Low Budget

Jika Anda lebih nyaman membangun hunian sendiri, ada beberapa tips membangun rumah yang perlu Anda ketahui. Apa sajakah itu?

Tidak semua kaum milenial menyukai hal praktis terutama dalam memilih rumah sebagai hunian di masa depan. Ada beberapa orang yang tetap memilih membangun rumah mereka sendiri tanpa menggunakan developer.

Hal ini dikarenakan jika membangun rumah sendiri sudah pasti sesuai dengan konsep yang diidamkan. Berikut tips membangun rumah bagi generasi milenial yang kami lansir dari situs rumahpedia.info :

Tips Membangun Hunian Yang Nyaman
Bagi Anda yang menginginkan sebuah hunian nyaman, berkonsep unik namun low budget bisa menggunakan tips berikut, diantaranya:

1. Perencanaan Pembangunan
Sebelum memulai membangun rumah, pastikan untuk membuat rencana pembangunan yang matang. Anda bisa melakukannya sendiri atau konsultasi kepada arsitek profesional. Perencanaan ini tidak bisa hanya dilakukan dalam waktu singkat, sehingga Anda perlu mencari informasi sebanyak mungkin tentang pembangunan rumah yang benar.

Jika ingin lebih aman, gunakan jasa arsitek yang sudah banyak pengalaman sehingga konsep hunian yang menjadi impian Anda bisa benar-benar diwujudkan. Meskipun biaya jasa arsitek lumayan mahal, tetapi hasilnya dijamin lebih memuaskan dan tentunya Anda tidak perlu kesusahan berpikir sendiri tentang konsep rumah.

2. Penentuan Bentuk Bangunan
Hal utama yang harus diperhatikan sebelum Anda membangun rumah adalah menentukan bentuk hunian. Ada beberapa bentuk bangunan yang bisa Anda pilih yakni mulai tipe 21, 36, 45 hingga 120 bahkan tipe modular. Masing-masing tipe tersebut bergantung pada luas tanah yang Anda miliki. Jadi pastikan untuk memilih bentuk tipe bangunan sesuai keinginan Anda ya!

3. Desain Minimalis
Konsep rumah minimalis saat ini memang menjadi trend era generasi milenial khususnya bagi pasangan muda. Desain minimalis dianggap lebih sederhana namun sangat elegan dan tentunya memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah. Konsep ini juga tidak banyak memuat perabot atau perpaduan warna yang mencolok sehingga terlihat lebih artistik.

4. Lakukan Pengukuran Akurat
Membangun rumah dari nol memang dibilang cukup rumit karena Anda perlu memperhitungkan dan merencanakan segala sesuatunya dengan matang. Salah satu hal dasar yang wajib Anda lakukan adalah pengukuran luas tanah dan bangunan secara akurat. Sangat disarankan pula untuk mengukur setiap sudut ruangan agar bentuk rumah proporsional.

5. Riset Harga Bahan Bangunan
Biaya membangun rumah tidaklah semurah yang dibayangkan, sehingga Anda perlu merinci dan melakukan survey terlebih dahulu mengenai harga bahan-bahan bangunan. Hal ini wajib dilakukan agar Anda mengetahui besaran biaya yang dibutuhkan dalam membangun hunian impian. Anda bisa mencari informasi di internet atau survey langsung di toko bangunan.

6. Penggunaan Bahan Bangunan Lokal
Setelah Anda melakukan survey bahan bangunan, pilihlah bahan yang berkualitas namun harganya lumayan rendah. Misalnya saja memilih bahan bangunan lokal. Bahan-bahan lokal memang lebih murah jika dibandingkan dengan bahan merk luar negeri. Soal kualitasnya, jangan ragu ya karena produk lokal juga sangat bersaing dengan produk luar.

7. Selektif Memilih Tukang Bangunan
Saat Anda membangun rumah, pastikan memilih tukang bangunan yang sudah berpengalaman sehingga hasilnya bisa maksimal dan sesuai dengan keinginan Anda. Sikap selektif ini sangat wajib karena jika salah memilih tukang bangunan akan berpengaruh pada hasil bangunan.

8. Bangun Secara Bertahap
Membangun rumah dengan budget murah sangat bisa Anda lakukan, yaitu bangunlah secara bertahap. Jika Anda membangun rumah secara bertahap, biaya yang dikeluarkan jauh lebih ringan dan mudah dikontrol. Yang paling penting adalah tahapan membuat pondasi rumah. Pastikan pembuatan pondasi digarap sekokoh mungkin agar hunian Anda berjangka panjang.

9. Buat Ruangan Multifungsi
Dalam konsep minimalis rumah Anda, buatlah salah satu ruang yang multifungsi. Hal ini sebagai antisipasi jika dikemudian hari ada perubahan konsep hunian. Ruangan multifungsi juga sangat membantu Anda dalam beraktivitas dirumah tanpa harus berpindah-pindah tempat, misalnya ruang makan, ruang tamu dan ruang kerja dijadikan satu.

10. Persiapkan Dana Pembangunan Dengan Menabung
Dari sekian banyak tips diatas, tips paling utama saat membangun rumah adalah siapkan dana yang cukup saat membangun rumah. Membangun rumah membutuhkan banyak tahapan dan cukup menguras biaya, sehingga Anda perlu menyiapkan dana khusus agar pembangunan berjalan lancar. Jika perlu menabunglah jauh-jauh hari agar rumah impian cepat terwujud.

Tips diatas bisa Anda terapkan saat memulai membangun rumah impian bersama pasangan. Komunikasikan segala sesuatu mengenai konsep, budget hingga pelengkap lain secara detail agar rumah impian Anda bisa terwujud. Perbanyak informasi mengenai cara pembangunan rumah dan selalu konsultasikan pada ahlinya.
10 Tips Membangun Rumah Milenial Low Budget 10 Tips Membangun Rumah Milenial Low Budget Reviewed by UNIKBACA COM on 5:18:00 PM Rating: 5