Yuk Ketahui Arti Warna Helm Proyek yang Berbeda-beda

Helm proyek menjadi hal yang umum ditemukan ketika kita berada di sebuah lokasi konstruksi. Mengapa demikian? Helm proyek adalah helm keselamatan serta menjadi bagian alat keselamatan kerja yang harus digunakan. Sehingga, para pekerja diwajibkan untuk menggunakan helm proyek, dan jika melanggarnya akan dikenai sanksi.

Yuk Ketahui Arti Warna Helm Proyek yang Berbeda-beda
Biasanya kita sering melihat helm proyek dengan berbagai macam warna. Sebenarnya apa arti warna helm proyek tersebut? Sebelum mengenal arti warna dari helm proyek, akan lebih baik Anda mengenal apa saja fungsi dari helm proyek ini.

Kegunaan Helm Proyek
Helm proyek berbeda dengan helm yang digunakan pengendara pada umumnya, helm proyek memiliki model yang sederhana layaknya topi. Di helm ini juga terdapat suspension yang berfungsi untuk mengatur ukuran saat digunakan. Tak hanya itu karena berguna sebagai alat keselamatan, shell helm proyek dibuat secara khusus dengan menggunakan bahan yang kuat.

Banyak perusahaan yang mewajibkan para pekerjanya menggunakan helm proyek. Bahkan, para pekerja akan dikenakan sanksi bila tak menggunakan helm proyek tersebut. Terlepas dari arti warna helm proyek, berikut beberapa kegunaan helm proyek:

1. Perlindungan kepala
Helm proyek sama seperti helm umumnya yakni digunakan sebagai pelindung kepala. Tak heran bila perusahaan yang memiliki risiko tinggi mewajibkan pekerjaan menggunakan helm proyek ini. Dengan mempergunakan helm proyek, hal ini bisa menghindari kecelakaan di proyek. Contohnya, untuk menghindari kepala dari kejatuhan material.

Selain itu helm proyek beda dengan kendaraan umumnya, walaupun sama-sama bisa digunakan sebagai pelindung kepala. Helm proyek dibuat dengan lebih kuat dengan bahan berkualitas sehingga dapat meminimalisir cedera yang bisa ditimbulkan bila terjadi hal yang tak diingini.

2. Tanda pengenal pekerja
Helm proyek memiliki  warna yang beraneka ragam, hal ini disebabkan karena fungsi lain dari helm proyek adalah sebagai identitas serta tanda pengenal. Warna ini bisa dijadikan sebagai tanda pengenal pekerja yang ada di proyek, sehingga bila terdapat pekerja yang mempergunakan helm dengan warna berbeda, ini berarti pekerjaan serta tanggung jawab yang dilakukan oleh pekerja tersebut juga berbeda.

Aturan ini diterapkan serta berlaku secara umum, bahkan diterapkan di seluruh perusahaan dan negara. Oleh sebab itu, karyawan tidak bisa mengenakan warna helm dengan sesuka hati karena standar sudah ditentukan.

3. Sebagai atribut keselamatan
Tak hanya sebagai alat pelindung bagian kepala, helm untuk proyek ini juga dipergunakan sebagai atribut keselamatan. Ketika di proyek, pekerja diwajibkan untuk menggunakan atribut keselamatan termasuk untuk helm. Oleh sebab itu tak mengherankan bila menggunakan helm adalah hal wajib bahkan sudah berada dalam aturan setiap proyek.

Arti Warna Helm Proyek
Agar lebih jelas mengenal warna-warna pada helm proyek, berikut arti warna setiap helm, antara lain:

1. Putih
Helm dengan warna putih biasanya digunakan oleh petinggi proyek, petinggi ini seperti insinyur, mandor atau pun manager. Biasanya, mereka memegang tanggung jawab pada proyek yang sekarang ini sedang dikerjakan.

2. Kuning
Warna kuning mungkin sering Anda lihat di proyek yang sedang dalam masa pengerjaan. Helm berwarna kuning biasanya dikerjakan oleh buruh atau pekerja biasa yang sedang mengerjakan proyek. Warna kuning terlihat sangat mencolok, tujuannya agar pekerja semakin mudah terlihat serta bisa meminimalisir kecelakaan yang dialami pekerja.

3. Biru
Warna biru juga sering dikenakan, helm proyek dengan warna biru dipergunakan oleh operator teknis, pengawas sementara atau kontraktor listrik. Namun, di lapangan helm proyek berwarna biru sering dipergunakan oleh pekerja alat berat seperti bulldozer, forklift atau pun crane.

4. Hijau
Pekerja proyek yang mempergunakan helm dengan warna hijau memiliki tanggung jawab mengenai lingkungan di sekitar proyek, dengan demikian pekerja yang menggunakan helm proyek berwarna hijau ialah petugas cleaning, pengawas lingkungan dan petugas yang bekerja di lingkungan proyek.

5. Orange
Helm proyek berwarna orange juga sering digunakan. Biasanya, orang yang mengenakan helm ini ialah tamu dari perusahaan lain, biasanya bertugas sebagai peninjau proyek.

6. Pink
Helm dengan warna pink memang jarang terlihat, sebenarnya helm ini sering digunakan untuk anak magang.

7. Merah
Helm proyek berwarna merah biasanya digunakan oleh petugas yang mengontrol keselamatan proyek.

Sebelum melakukan pembelian, pastikan kembali sudah mengenali dengan baik apa arti warna helm proyek tersebut. Jika ingin melakukan pembelian helm proyek dalam jumlah banyak, Anda dapat melakukan pembelian di Bhinneka.com. Di sini Anda bisa secara praktis melakukan pembelian secara online dengan berbagai promo menarik.
Yuk Ketahui Arti Warna Helm Proyek yang Berbeda-beda Yuk Ketahui Arti Warna Helm Proyek yang Berbeda-beda Reviewed by UNIKBACA COM on 18.51.00 Rating: 5