Link100Juta.com

Kemampuan Paling Dicari Pemberi Kerja Begini, Soft Skills Harus Dikembangkan

Kemampuan paling dicari para pemberi kerja itu seperti apa, tentu telah banyak penelitian yang mencoba mengidentifikasi keterampilan - keterampilan penting yang dibutuhkan untuk bekerja, beberapa ahli menyebut keterampilan - keterampilan ini sebagai soft skills.


Kemampuan Paling Dicari Pemberi Kerja Begini, Soft Skills Harus Dikembangkan


Sedangkan yang lain menyebutnya sebagai employability skills, apa saja kemampuan yang paling dicari para pemberi kerja, kami menguraikan setidaknya beberapa keterampilan penting, yang paling sering dibahas dalam penelitian - penelitian yang mengkaji soft skills ini.


Kemampuan Berkomunikasi

Tak bisa dipungkiri bahwa kemampuan dan keterampilan yang satu ini mutlak dimiliki oleh pekerja di bidang apapun mereka bekerja karena komunikasi yang baik sangat penting dalam dunia bisnis.


Bentuk kemampuan komunikasi yang paling sering diminta oleh pemberi kerja adalah keterampilan mendengarkan, menulis dan berbicara dengan efektif, pemberi kerja membutuhkan pendengar dan komunikator handal yang mampu dengan efektif memahami dan menyampaikan informasi secara verbal dan tertulis.


Kemampuan Menganalisis

Ini berhubungan dengan kemampuan anda untuk menilai situasi, melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang yang berbeda, mencari informasi lebih banyak dari yang tersedia jika dibutuhkan, dan mengidentifikasi permasalahan utama yang harus dipecahkan.


Anda harus belajar memiliki keterampilan berpikira analisis yang baik dan mendemostrasikan kemampuan untuk mengenai, mencermati, mengembangkan dan menyederhanakan proses kerja yang rumit.


Keterampilan Komputer

Di zaman sekarang hampir semua pekerjaan menyaratkan beberapa pemahaman dasar tentang hardware dan software komputer, terutama pengolahan kata, angka dan email.


Dengan memiliki kemampuan komputer, dan dengan menunjukkan kemampuan mengoperasikan berbagai aplikasi yang dibutuhkan.


Kemampuan Menyesuaikan Diri

Fleksibititas atau adaptabilitas atau menangani banyak sekali prioritas dalam satu waktu, ini berhubungan dengan kemampuan anda untuk mengelola beberapa penugasan rangkap, serangkaian prioritas, dan beradaptasi dengan kondisi yang berubah-ubah.


Jadilah pemimpin atau pemain tim yang fleksibel, yang mampu berkembang dalam kondisi yang menyaratkan kemampuan untuk memprioritaskan dan mengerjakan beberapa proyek berbeda dalam waktu yang sama.


Keterampilan Interpersonal

Kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan rekan kerja, mengajak orang lain untuk berpartisipasi, dan meredam terjadinya konflik dengan rekan kerja. Anda dituntut mampu membangun hubungan dengan keterampilan interpersonal yang baik.


Keterampilan Kepemimpinan

Kepemimpinan atau manajemen hingga saat ini masih ada perdebatan tentang apakah kepemimpinan adalah bakat atau keterampilan yang berhubungan dengan kemampuan memimpin dan mengatur rekan kerja anda.


Seorang pemimpin yang berorientasi pada tujuan, yang mampu mempertahankan produktifitas, motivasi, memobilisasi dan mengbimbing bawahan untuk mencapai standar performa kerja yang tinggi.


Sensitifitas

Ini adalah kesadaran multikultural, tidak ada masalah lain di tepat kerja yang lebih penting daripada keberagaman atau kemajemukan budaya. Sebagai pencari kerja anda harus bisa menunjukkan kesensitifitasan dan kesadaran anda terhadap perbedaan yang ada dengan orang lain atau budaya lain.


Jadilah profesional yang memiliki berbagai kekuatan, termasuk sensitifitas budaya dan kemampuan untuk membangun hubungan baik dengan pekerja lain yang berasal dari budaya yang berbeda.


Perencanaan dan Pengorganisasian

Berhubungan dengan kemampuan anda untuk merancang, merencanakan, mengorganisir dan melaksanakan proyek dan tugas sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Kemampuan ini seringkali juga melibatkan kemampuan menetapkan tujuan atau goal setting anda.


Jadilah seorang individu yang termotivasi oleh hasil, yang bisa menunjukkan keterampilan merencanakan dan mengorganisir, serta berorientasi pada detil.


Kreatifitas

Kreatif dalam memecahkan masalah, yang melibatkan kemampuan untuk menemukan solusi melalui kreatifitas, pemikiran, dan pengalaman masa lalu anda, dengan informasi dan sumber daya yang tersedia, dan ampu menyelesaikan masalah dengan menghasilkan solusi yang bisa dikerjakan dan mengatasi keluhan.


Kemampuan Berkerjasama

Team work dari kerja sama ini memiliki peran penting, karena sangat banyak pekerjaan yang harus dilakukan secara bersama-sama, maka anda harus memiliki kemampuan bekerjasama dengan orang lain secara profesional untuk mencapai tujuan bersama.


Jadilah pemimpin atau pemain tim yang mampu membangun hubungan saling mempercayai dengan konsumen dan rekan kerja anda.

Kemampuan Paling Dicari Pemberi Kerja Begini, Soft Skills Harus Dikembangkan Kemampuan Paling Dicari Pemberi Kerja Begini, Soft Skills Harus Dikembangkan Reviewed by UNIKBACA COM on 10:36 Rating: 5