Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Bacaan doa berbuka puasa ramadhan waktu berbuka puasa dimulai ketika matahari terbenam dan berakhir pada saat adzan Maghrib berkumandang. Adapun waktu berbuka puasa dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi dan waktu yang berbeda.

Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Oleh karena itu, disarankan untuk mengetahui jadwal waktu berbuka puasa yang berlaku di daerah masing-masing dengan mengacu pada jadwal waktu shalat yang telah ditentukan oleh otoritas agama setempat atau lembaga resmi yang memantau peredaran matahari dan bulan seperti Kementerian Agama atau observatorium.

Selain itu, dalam agama Islam, disarankan untuk segera berbuka puasa setelah adzan Maghrib berkumandang, dan biasanya dilakukan dengan memakan atau meminum sesuatu yang manis, seperti buah kurma atau air putih.

Setelah itu, dilanjutkan dengan makanan utama berupa hidangan yang sehat dan bergizi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bacaan doa berbuka puasa ramadhan sesuai Hadits Riwayat Bukhari & Muslim

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: “Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

Doa ini adalah ungkapan syukur dan rasa terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan untuk berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Melalui doa ini, kita juga memohon agar Allah SWT melimpahkan rahmat dan berkah-Nya dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam berbuka puasa. Selain itu, doa ini juga merupakan pengingat untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita sepanjang hari.
Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan Reviewed by Kendawangan on 3/26/2023 08:57:00 PM Rating: 5