Gua Alam Paling Cantik, Menarik Untuk Dikunjungi, Lihatlah Sangat Indah

Gua Alam Paling Cantik, Menarik Untuk Dikunjungi, Lihatlah Sangat Indah

Daftar gua alam paling cantik dan menarik untuk dikunjungi coba lihatlah sangat indah. Gua merupakan sebuah lubang alami di tanah yang cukup besar dan dalam. Pada zaman dahulu, nenek moyang kita menggunakan gua sebagai tempat tinggal dan berlindung. Kini, sebagian besar gua hanya difungsikan sebagai tempat pariwisata.

Gua Orda - Rusia
Ordinskaya atau Gua Ordin, gua orda merupakan gua gipsum dan merupakan gua bawah air terpanjang di Rusia, bahkan di dunia. Panjangnya mencapai 5 km dengan air yang sangat jernih, sehingga penyelam dapat melihat 45 meter ke depan dengan jelas.


Air di gua ini tidak mengandung arus atau aliran. Gua ini tak luput dari mitos setempat, disebutkan bahwa terdapat sesosok perempuan yang hidup dan mengawasi para penyelam di dalam gua.

Penjelajahan gua ini tidaklah mudah, suhu yang berkisar antara -3 derajat hingga -20 derajat celcius membuat para penyelam harus berhati-hati. Sehingga menyebabkan atap gua mudah sekali untuk jatuh.

Gua Waitomo - Selandia Baru
Gua Waitomo merupakan gua yang menjadi habitat tempat tinggal spesies glowworm asli Selandia Baru; Arachnocampa luminosa. Seperti namanya, mereka cacing ini dapat mengeluarkan cahaya. Mereka mengeluarkan cahaya untuk menarik perhatian serangga.


Terdapat ribuan glowworm yang hidup dan tinggal di gua waitomo, yang mana menjadi salah satu atraksi dan tempat pariwisata utama di Selandia Baru. Gua ini dapat dijelajahi menggunakan perahu dan pemandangan di dalam gua ini tak kalah indah dengan gua-gua lainnya.

Perpaduan antara bagian dalam gua yang tidak tersentuh oleh sinar matahari dengan glowworm yang bercahaya, menjadikan pemandangan gua ini layaknya langit malam yang dipenuhi oleh bintang.

Marble Cathedral - Chili
The Cuevas de Marmol atau Marble Cathedral, merupakan sebuah gua yang terukir di sekitar Danau General Carrera di Chili, yang membentang diantara perbatasan antara Chili dan Argentina. Untuk sampai di tempat ini, para pengunjung harus melakukan perjalanan yang cukup jauh.


Pastinya semua itu terbayar dengan indahnya ukiran gua marmer unik ini dan juga beningnya air danau General Carrera. Gua ini terbentuk 6,000 tahun yang lalu oleh gelombang yang mengikis batuan sedikit demi sedikit.

Puerto Princesa Subterranean River - Filipina
Sungai subterranean di Palawan, Filipina, atau disebut juga sebagai St. Paul Underground River, dijadikan sebagai taman nasional pada tahun 1971. Sungai ini merupakan sungai sepanjang 8 km yang mengalir langsung ke laut.


Aliran sungai ini rupanya mengalir melewati sebuah gua yang sangat indah, bahkan gua ini menjadi gua dengan formasi batuan kapur terindah di dunia. Beberapa formasi batuan tersebut dapat menyerupai binatang, jamur, dan manusia.

Pada tanggal 28 Januari 2012, sungai subterranean ini menjadi salah satu dari 7 Keajaiban Alam Dunia karenanya. Hanya 4 km bagian sungai saja yang boleh dijelajahi oleh turis, kita harus memiliki izin spesial apabila ingin menjelajahi seluruh sungainya.

Gua Krubera - Arabika, Georgia
Pada tahun 2001, Gua krubera, atau disebut juga sebagai Voronja atau Gua Voronja, merupakan gua terdalam di dunia. Pada tahun 2004, ilmuwan mengatakan bahwa kedalaman gua ini mencapai 2,080 meter.


Gua ini terletak massif Arabika, sebuah republik yang merupakan bagian dari negara Georgia, namun mengklaim bahwa dirinya adalah negara independen. Banyak ditemukan beberapa kehidupan di dasar gua tersebut seperti; pseudoscorpion, cacing parasit, dan ikan tranpsaran.

Setiap tahunnya, gua ini selalu dieksplorasi oleh para penjelajah gua, untuk mengetahui kondisi gua, sistem air bawah tanah, pengembangan geologi, dan iklim kuno yang ada di bumi.

Baca Menarik Lainnya

Bagikan Pada Teman

Buka Komentar Facebook
Selesai Komentar