Ads Top

Tips Merawat Vga Card Agar Tidak Cepat Rusak

VGA atau Video Graphic Array merupakan salah satu komponen vital pada komputer yang berfungsi sebagai penerjemah data menuju layar monitor. Jenis VGA berdasarkan arsitektur untuk sistem I/O bus peripheral-nya terbagi menjadi 5 jenis, yakni VGA ISA, VGA EISA, VGA PCI, VGA AGP, dan VGA PCIe, di mana masing-masing memiliki perbedaan memory dan spesifikasinya.


Saat ini juga sudah menjamur di pasaran berbagai macam VGA Card, mulai dari merk ternama, beragam spesifikasi, dan VGA murah hingga VGA dengan harga jutaan. VGA sendiri merupakan perangkat komputer yang sangat sensitif, oleh karena itu diperlukan perawaran yang khusus. Nah, berikut beberapa tips untuk merawat kartu VGA Anda agar awet dan tahan lama:

1. Sesuaikan Driver VGA
Driver VGA merupakan pengontrol informasi dari kartu grafis yang ditransfer menuju monitor dan tampilan visual lainnya. Driver VGA dapat mendukung grafis hingga resolusi 480 pixel (vertikal) x 640 pixel (hotizontal) dan hingga 256 tampilan warna. Untuk jenisnya, driver VGA terdiri dari beberapa jenis yang kompatible dengan perangkat lunak, seperti windows Mobile atau windows XP.

Meski harga VGA murah, Anda juga sebaiknya tidak mengabaikan driver yang digunakan. Usahakan untuk selalu menggunakan driver VGA yang sesuai atau kompatible dengan jenis perangkat yang Anda gunakan.
Karena perusahaan perangkat elektronik tersebut selalu mengembangkan produknya dan selalu memperbaharui versi produknya untuk selalu meningkatkan kualitas dan kepuasan pelanggan. Oleh karena, sebaiknya Anda selalu meng-upgrade driver VGA yang terbaru.

2. Hindari Overclock Berlebihan
Tujuan utama dari kegiatan overclock yaitu untuk memacu kecepatan kinerja pada VGA, baik yang mahal maupun VGA murah. Dengan teknologi yang semakin canggih, kini seseorang bisa sangat mudah membuat komputer overclock dengan tujuan untuk menyamai kemampuan processor yang lebih baik kualitasnya dan lebih mahal.

Dari sekian banyak pengguna, yang sering melakukan overclock adalah bagi yang memiliki kebutuhan gaming. Namun sebaiknya Anda mengurangi kegiatan overclock tersebut karena berdampak buruk pada umur VGA itu sendiri. Beberapa dampak negatifnya yaitu:

a. Jika processor VGA mencapai batas kecepatan tertentu, maka akan menyebabkan VGA menjadi semakin panas serta tidak stabil.
b. Processor VGA menjadi tidak stabil jika multiplier-nya semakin tinggi.
c. Perlu adanya overvoltage agar daya power processor lebih stabil.
d. Terlalu sering meningkatkan overclock membuat VGA tidak stabil, terutama saat bermain game.
e. Akan merusak kecepatan perangkat lain jika perangkat tersebut tidak mampu melakukan overclock
f. VGA akan rentan kerusakan jika memory-nya tidak bisa mengimbangi.

3. Pemasangan VGA
Tidak memandang apakah VGA tersebut mahal atau harga VGA murah, jika Anda tidak merawatnya dengan benar tentu akan memperpendek umur dari perangkat kartu grafis tersebut.

Salah satunya adalah dalam penggunaan dan pemasangannya. Sebaiknya Anda menghindari melepas dan memasang terlalu sering pada VGA Card dari motherboard. Karena jika Anda membiarkan hal tersebut sering terjadi dapat mengakibatkan slot untuk VGA mudah rusak.

4. Kondisi dan Suhu VGA
Semakin sering Anda menggunakan perangkat tersebut, maka akan semakin cepat panas pula VGA Card tersebut. Baik itu VGA mahal atau VGA murah dan VGA berkualitas, Anda tetap harus menstabilkan suhu pada VGA tersebut. Pastikan VGA Card Anda selalu terjaga dalam keadaan dingin dengan memasangkan kipas atau perangkat pendingin lainnya.

5. Resolusi Monitor
Sebagian besar perangkat elektronik, termasuk monitor memiliki batas resolusi maksimal. Karena fungsi dari VGA Card sebagai penerjemah data menuju monitor, maka penggunaan monitorpun perlu diperhatikan.
Ada beberapa resolusi yang bisa Anda gunakan untuk layar monitor, seperti 640×480, 800×600, 1024×768, 1152×864, 1280×720, 1280×768, 1280×960, 1280×1024, 1400×1050, 1600×900, 1600×1200, 1856×1392, 1920×1080, 1920×1200, 1920×1440 dan 2048×1536. Nah sebaiknya Anda tidak mencapai resolusi dengan ukuran 2048×1536 tersebut.

6. Jaga Kebersihan VGA
Selain Anda menjaga keawetan VGA tersebut dengan berbagai cara tersebut, hal yang tak kalah penting dari berbagai perawatan tersebut adalah kebersihannya. Karena semahal apapun VGA Card Anda, atau harga VGA murah, perangkat tersebut akan mudah rusak.

Jangan lupa bersihkan dari kotoran dan debu-debu yang menempel dengan kuas atau kain halus secara berkala. Bersihkan juga FAN-nya agar tetap bisa bekerja dengan maksimal.

Tak memandang harga VGA Anda mahal atau VGA murah, Anda sebaiknya jangan mengabaikan perawatannya jika ingin kartu grafis Anda memiliki daya tahan yang lama atau awet.
Tips Merawat Vga Card Agar Tidak Cepat Rusak Tips Merawat Vga Card Agar Tidak Cepat Rusak Reviewed by UNIKBACA COM on 9:45 PM Rating: 5