Ads Top

Bayi Dari 3 Orang Tua Berhasil Selamat, Para Ilmuwan Melakukan Hal Aneh

Hal aneh dilakukan oleh para ilmuwan mereka memodivikasi bayi dari 3 orang tua sekaligus. Bayi pertama di dunia yang lahir dengan teknik fertilitas dari tiga orang. Bayi laki-laki tersebut memiliki DNA kedua orangtua kandungnya dan sedikit bagian dari kode genetik yang berasal dari donor.

Bayi Dari 3 Orang Tua Berhasil Selamat

Dipilihnya teknik yang radikal itu bukan tanpa alasan. Ibu bayi tersebut diketahui membawa kelainan genetik pada mitokondria dan bisa menurunkannya ke anak-anaknya. Diharapkan, bayi itu lahir sehat dan bebas dari penyakit genetik yang berasal dari sang ibu.

Mitokondria adalah struktur kecil di dalam hampir setiap sel dalam tubuh yang mengubah makanan menjadi energi yang bisa dipakai tubuh. Dalam kasus yang ditemukan dalam keluarga dari Jordania itu, kelainan genetik tersebut dinamakan Sindrom Leigh yang dapat menyebabkan efek fatal pada janin.

Ini merupakan kelainan saraf berat dan gejalanya muncul pada setahun pertama usia bayi. Keluarga tersebut sudah mengalami empat keguguran dan dua kematian bayi, satu berusia 8 bulan dan 6 tahun. Bayi yang terlahir dengan sindrom ini pada umumnya berusia tidak lebih dari 3 tahun.

Mutasi pada 75 gen berbeda merupakan penyebab terjadinya Sindrom Leigh. Kebanyakan mutasi terjadi pada DNA dari nukleus, tetapi satu dari lima kasus terjadi pada mitokondrial DNA. Para ilmuwan fertilitas telah merancang beberapa metode kesuburan untuk membantu keluarga-keluarga dengan masalah serupa.

Tim dokter dari Amerika Serikat yang menangani kasus ini harus terbang ke Meksiko untuk melakukan prosedur teknik fertilitas tiga orang ini karena hukum di negeri Paman Sam ini masih melarangnya.

Mereka menggunakan metode untuk mengambil semua DNA vital dari sel telur ibu dan mitokondria sehat yang berasal dari donor sel telur untuk menciptakan sel telur baru yang lebih sehat dan bisa dibuahi sel sperma ayah.

Hasilnya adalah bayi dengan 0,1 persen DNA donor (DNA mitokondria) dan seluruh kode genetik (misalnya warna rambut dan bola mata) dari ayah dan ibunya. Dr.John Zhang, direktur medis dari New Hope Fertility Centre di New York, menggunakan metode ini untuk menghasilkan lima embrio, tapi hanya satu yang berkembang dengan normal.
Bayi Dari 3 Orang Tua Berhasil Selamat, Para Ilmuwan Melakukan Hal Aneh Bayi Dari 3 Orang Tua Berhasil Selamat, Para Ilmuwan Melakukan Hal Aneh Reviewed by UNIKBACACOM on 21.03 Rating: 5