Ikan Kepala Buaya Hebohkan Warga, Ikan Berkepala Buaya ini, Kok Bisa di Indonesia

Ada ikan kepala buaya hebohkan warga, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan penemuan ikan berkepala buaya oleh seorang nelayan di Surabaya. Segera sebagian orang mengkaitkan penemuan ini dengan peristiwa-peristiwa mistik. Benarkah ikan ini makhluk jadi-jadian?

Ikan Kepala Buaya Hebohkan Warga

Walaupun sudah diklarifikasi oleh beberapa media, namun berita ini masih beredar luas tanpa klarifikasi. Sebenarnya dalam 3 bulan ini ada dua ikan berkepala buaya yang ditemukan di Indonesia.

Ikan ini diisukan memiliki kekebalan tubuh dan beberapa paranormal menganggap ikan ini sebagai ikan gaib. Ikan yang kedua adalah yang ditemukan di Surabaya. Sama seperti ikan yang ditemukan di Sumatera Utara. Ikan ini juga dianggap sebagai ikan jadi-jadian.


Kompas sebenarnya sudah mengklarifikasinya dengan mengidentifikasi ikan ini sebagai Lepisus peus, seekor ikan yang berasal dari Meksiko. Ikan kepala buaya tersangkut di jala saat warga mencari ikan di sungai kawasan Jagir, Surabaya.

Ikan yang membuat geger warga ini adalah jenis Lepisus peus yang dinyatakan sebagai spesies asing dari Meksiko yang bisa berinvasi ke ekosistem lokal. Ikan ini jelas bukan ikan jadi-jadian. Mereka berasal dari Family Lepisoteidae yang terdiri dari 7 spesies yang terbagi dalam dua genus.

Genus yang pertama adalah Atractosteus dan yang kedua adalah Lepisosteus. Ikan jenis ini biasa disebut "Gar", dan yang bermoncong buaya biasa disebut "Alligator Bar".

Ikan ini adalah ikan air tawar yang hidup di perairan Amerika hingga Mexico. Ia bisa mencapai panjang hingga 3 meter dan berat hingga 100 kg. Dengan melihat giginya, tentu saja kita mengetahui bahwa ikan ini adalah seekor karnivora.

Ikan ini sebenarnya bukan ikan yang asing bagi para penduduk Amerika. Mungkin bagi Indonesia, ikan ini memang terlihat aneh sehingga dianggap ikan jadi-jadian.

Lalu pertanyaannya bagaimana ikan ini bisa sampai ditemukan di Indonesia?. Jawabannya adalah sama seperti bagaimana seekor Alligator bisa ditemukan di selokan, yaitu karena seseorang menaruhnya disitu.

Kejadian ini umum terjadi di mana-mana, ketika seekor hewan bertambah besar dan merepotkan, pemiliknya yang tidak tega membunuhnya akan membuangnya.
Ikan Kepala Buaya Hebohkan Warga, Ikan Berkepala Buaya ini, Kok Bisa di Indonesia Ikan Kepala Buaya Hebohkan Warga, Ikan Berkepala Buaya ini, Kok Bisa di Indonesia Reviewed by Kendawangan on 4/02/2020 12:05:00 PM Rating: 5