Pentingnya Makanan Bergizi Untuk Anak, Supaya Tumbuh Kembang Anak Optimal

Memang cukup agak sulit memberikan makanan sehat dan bergizi untuk anak, bukan karena kita sebagai orang tua tidak mampu atau tidak berusaha memberikan makanan begizi untuk anak kita, akan tetapi anak nya sendiri yang terlihat tidak doyan makan makanan sehat dan bergizi.


Makanan Bergizi Untuk Anak


Si kecil memang menolak makanan sehat dan bergizi karena memang biasanya rasa dari makanan tersebut tidak begitu terasa enak dimulut mungil mereka dan tentu saja mereka akan menolaknya mentah-mentah


Di usia 6-12 tahun juga anak-anak sedang senang-senang nya dengan jajan, nah di masa inilah terjadi peningkatan nafsu makan pada mereka. Orang tua yang memiliki anak usia ini rata-rata mengalami masalah yang hampir sama dalam urusan memberi makan. 


Anak di usia ini sedang antusias nya mencoba-coba berbagai makanan yang menurut mereka menarik di mata. Mereka mulai mengenal lebih banyak berbagai jenis jajan-jananan. Secara alamiah anak usia ini mengalami peningkatan nafsu makan yang begitu drastis. 


Orang tua tentunya harus berperan aktif memperhatikan apapun yang dimakan si anak. Membatasi anak mengonsumsi makanan warna-warni juga salah satu langkah yang sangat tepat. Karena banyak makanan yang berwarna warni mencolok yang dibuat dengan tambahan perwarna yang berbahaya.


Ditambah lagi dengan jajanan dengan bahan gula yang begitu banyak tersedia, banyak minyak nya, serta bahan jajanan lain yang sebenarnya tidak mengandung nilai gizi. Orang tua khususnya para ibu harus paham betul kebutuhan gizi si buah hati nya.


Untuk mendapatkan perkembangan yang optimal anak membutuhkan banyak sekali nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat dan vitamin. Kebutuhan yodium pada anak juga harus terpenuhi agar tumbuh kembangnya tidak terganggu.


Nutrisi anak bisa dipenuhi lewat makanan yang disantap sehari-hari juga. Sedapat mungkin orang tua harus menyempatkan waktu untuk mengolah makanan sendiri di rumah, buatkan menu sarapan, bekal sekolah hingga makan malam untuk mereka.


Kalau kebutuhan nutrisi anak sudah terpenuhi, dampak positifnya bisa dilihat langsung. Seperti berat dan tinggi badan lebih ideal, perkembangan psikomotor dan kognitifnya optimal serta menurunkan risiko terkena penyakit, anak tidak mudah jatuh sakit.


Untuk mendukung tumbuh kembang anak makanan dengan gizi seimbang sangat penting agar anak memiliki tumbuh kembang yang optimal. Memenuhi mereka dengan gizi yang seimbang berarti sang anak harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. 


Kuantitas dan kualitas makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang, ter khususnya anak-anak.


Gizi yang optimal ini sangat penting untuk memberikan pertumbuhan yang normal serta perkembangan fisik dan kecerdasan anak-anak. Dengan gizi yang baik dan seimbang maka diharapkan anak memiliki tubuh sehat dan kuat.


Untuk memenuhi asupan gizi bagi anak, peran aktif orang tua khususnya ibu, di sini sangat diperlukan. Contohnya adalah dengan memberikan anak-anak, makanan yang beragam, memiliki protein yang tinggi, serta sayur mayur.


Makanan dengan kandungan protein yang baik, bisa didapat dari ikan, daging, telur, tempe, tahu, dan lain sebagainya. Sebagai orang tua juga perlu dan harus memperhatikan konsumsi gula harian pada sang anak.


Lengkapnya zat gizi yang diperoleh sangat dipengaruhi oleh ragam jenis pangan yang dikonsumsi oleh anak-anak. Semakin beragam jenis makanan yang dimakan maka akan makin mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi, karena tubuh akan memperoleh berbagai zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


Mengonsumsi aneka ragam pangan menjadi salah satu kunci dalam mewujudkan gizi seimbang. Namun yang terpenting adalah perlu dan harus memperhatikan segi keamanan makanan, guna memastikan makanan bebas dari kuman penyakit atau bahan yang berbahaya tambahan.

Pentingnya Makanan Bergizi Untuk Anak, Supaya Tumbuh Kembang Anak Optimal Pentingnya Makanan Bergizi Untuk Anak, Supaya Tumbuh Kembang Anak Optimal Reviewed by UNIKBACA COM on 21.12.00 Rating: 5