Main Bola Sodok Online Juga Bisa Jadi Kegiatan yang Seru Saat Pandemi

Entah kapan pandemi virus Corona COVID-19 akan berakhir, mungkin ini yang dirasakan dan dipertanyakan oleh sebagian besar masyarakat dunia. Saat ini sudah ada beberapa kandidat vaksin Corona yang menunjukkan hasil akhir memuaskan.


Main Bola Sodok Online Juga Bisa Jadi Kegiatan yang Seru Saat Pandemi


Sehingga diyakini dapat membantu dalam pembentukkan herd immunity atau kekebalan kelompok untuk melawan COVID-19. Meski pun begitu, analisis yang dilakukan oleh Citi Research menyebut bahwa herd immunity mungkin belum bisa terbentuk sampai akhir 2021.


Hal ini karena, herd immunity baru bisa terjadi ketika sebagian besar masyarakat dari suatu populasi sudah mengembangkan perlindungan atau antibodi terhadap penyakit. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan vaksinasi.


Sambil menunggu antrian mendapat vaksin dan membunuh waktu saat menerapkan protokol kesehatan setidaknya bermain game online melalui gadget adalah pilihan yang seru juga, salah satu nya adalah bermain bola sodok atau game billiard online di smartphone.


Sebelum bermain ada baiknya kita mengetahui awal mula permainan bola sodok ini, biar nambah dikit pengetahuan sambil tetap dirumah, cuci tangan dan menjaga jarah aman, sesuai protokol kesehatan yang ada.


Sejarah awal mula dari olahraga biliar sangatlah panjang. Permainan ini telah dimainkan oleh para raja sampai rakyat jelata. Meski demikian, dari mana asalnya permainan ini masih belum diketahui secara pasti. 


Beberapa sumber menyebut bahwa permainan ini berasal dari Prancis, Italia, Spanyol, atau Tiongkok. Namun banyak pula sumber yang menerangkan bahwa  asal-usul permainan ini berasal dari Eropa Timur, yang populer dengan olahraga Croquet atau kriket. 


Kriket inilah yang menjadi cikal bakal biliar. Bisa dibilang kalau biliar adalah versi indoor dari kriket. Biliar tadinya dimainkan di lapangan atau taman seperti halnya Croquet yang populer dimainkan di Eropa Timur dan Prancis pada abad ke-15. 


Pada akhirnya, biliar dipindahkan ke dalam ruangan dengan meja yang diberi taplak berwarna hijau menyerupai rumput. Kata biliar (bahasa Inggris: billiard) sendiri diperkirakan berasal dari kata billart yang berarti tongkat kayu atau bille yang berarti bola. 


Awalnya, permainan ini dimainkan dengan dua bola pada meja yang berkantong enam dengan gawang seperti dalam permainan Croquet dan tongkat lurus yang digunakan sebagai sasaran. 


Memasuki abad ke-18, gawang dan sasaran pun tidak lagi digunakan, hanya tinggal bola-bola dan kantong-kantongnya saja. Sejak awal tahun 1800an, permainan ini banyak dimainkan oleh kaum bangsawan yang oleh karena itu permainan ini pernah populer dengan nama Noble Game of Billiards. 


Namun banyak juga bukti-bukti yang menunjukan bahwa permainan tersebut telah dimainkan oleh orang-orang dari berbagai tingkat sosial. Pada tahun 1600an, permainan ini sudah cukup dikenal. 


Shakespeare pun menyebutkan permainan ini dalam karyanya “Antony and Cleopatra” yang disebut sebagai old egyptian sport atau olahraga Mesir kuno. Di Inggris, permainan biliar populer pada tahun 1675. 


Dan tahun itu pula diterbitkan buku peraturan biliar. Selanjutnya biliar dipopulerkan sebagai olahraga scientific oleh Captain Mingaud, seorang tahanan politik pemerintah ketika terjadi Revolusi Prancis. 


Saking cintanya dengan biliar, dia menolak untuk dibebaskan dari penjara ketika masa hukumannya berakhir. Meski sudah diperkenalkan lebih awal, tongkat biliar baru dikembangkan pada akhir tahun 1600an. 


Ketika bola berada di dekat pinggiran meja, tongkat tersebut sulit untuk digunakan karena ujung tongkat yang besar. Jika hal tersebut terjadi maka para pemain biasanya akan mengunakan ujung lain dari tongkat untuk memukul bola. 


Ujung tongkat yang dipegang disebut queue yang berarti ekor, dari sana kemudian didapatkan kata cue, yang digunakan sebagai istilah untuk pemukul bola biliar hingga kini.


Bola sodok atau biliar adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.


Cabang olahraga ini dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari beberapa Jenis, antara lain jenis Carom, English Billiard dan Pool. Dapat dimainkan secara perorangan maupun tim.


Sebagai contoh, jenis Carom dimainkan di meja yang tidak memiliki lubang sama sekali. Ini berbeda dengan jenis English Billiard dan Pool yang dimainkan di meja yang memiliki lubang sebanyak 6 buah. 


Meski sama-sama memilki 6 buah lubang, ukuran atau luas meja antara English Billiar dan Pool pun berbeda, lebih luas meja jenis English Billiard. Sampai saat ini, yang sangat berkembang di Indonesia adalah jenis Pool yang itu pun masih terbagi dalam Nomor bola 15, bola 8 dan bola 9. 


Dahulu di Indonesia, biliar identik dengan olahraga yang selalu dimainkan oleh para lelaki saja. Namun saat ini banyak wanita yang sudah mulai menggemari olahraga biliar atau bola sodok ini.

Main Bola Sodok Online Juga Bisa Jadi Kegiatan yang Seru Saat Pandemi Main Bola Sodok Online Juga Bisa Jadi Kegiatan yang Seru Saat Pandemi Reviewed by UNIKBACA COM on 13.09.00 Rating: 5