Pengajuan Kartu Kredit Itu Mudah, Sangat Mudah Asal Penuhi Syaratnya

Seiring dengan perkembangan berbagai teknologi serta fasilitas, hidup dan segala sesuatu dapat berjalan lancar, mudah dan praktis. Termasuk dalam dunia perbankan, saat ini kita bisa mengakses segala fasilitas teknologi canggih yang disedikan oleh perbankan.

Kartu Kredit Finpedia

Hal ini membuat urusan kita yang berkaitan dengan perbankan serta keuangan terasa mudah diselesaikan. Bahkan banyak sekali bank yang berlomba untuk saling memberikan segala kemudahan bagi kita dengan menyediakan beragam layanan keuangan yang berfungsi mempermudah segala urusan nasabah.

Kita hanya perlu menentukan bank mana yang akan jadi partner kita dalam menyelesaikan urusan yang berkaitan dengan layanan keuangan, lalu menikmati segala fasilitas yang mereka sediakan dengan nyaman. Simple sekali bukan?

Nah, dalam hal ini akan tercipta persaingan yang sehat antar bank-bank yang ada untuk memikat hati para nasabah. Bank berlomba memberikan pelayanan terbaik yang mereka punya demi menyelesaikan persoalan yang kita hadapi. Beragam produk pun mereka luncurkan, termasuk kartu kredit.

Apa itu kartu kredit? Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran secara non tunai resmi yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh bank dengan menggunakan sebuah kartu. Kartu kredit ini memudahkan anda untuk melakukan transaksi di muka dan dibayarkan oleh bank. Di akhir, anda diharuskan untuk membayar sejumlah nominal yang sudah ditentukan oleh bank pada setiap awal bulan sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan.

Bahasa sederhananya bank akan membayarkan terlebih dahulu setiap transaksi serta berbagai pembayaran yang dilakukan nasabah, lalu akan ada tagihan yang timbul pada masa penagihan nantinya.

Didalam fasilitas kartu kredit ini, bank akan memberikan kebijakan serta aturan berupa hak dan kewajiban kedua belah pihak, yaitu bank dan nasabah. Dengan menggunakan kartu kredit, berarti anda siap untuk mengikuti segala peraturan yang sudah disepakati bersama bank pilihan anda.

Kartu kredit memiliki sejumlah nominal dana (limit) didalamnya. Jumlah ini ditentukan oleh pihak Bank selaku penerbit kartu kredit tersebut.

Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi serta melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah limit yang tersedia. Selain itu anda juga bisa melakukan penarikan tunai di ATM. Biasanya kartu kredit ini juga dilengkapi berbagai program menarik atau tawaran sebagai bentuk promosi kartu kredit tersebut.

Saat menggunakan fasilitas kartu kredit, artinya nasabah tidak memiliki dana sendiri di dalam kartu kredit tersebut. Tagihan yang muncul didalamnya merupakan sebuah hutang yang harus dilunasi oleh nasabah sebelum jatuh tempo kepada pihak bank yang memberikan fasilitas sesuai kesepakatan diawal.

Apasih keuntungan menggunakan kartu kredit?
Pilihan untuk menggunakan kartu kredit tentu memilik berbagai keuntungan yang bisa anda nikmati, yuk simak beberapa keuntungannya berikut ini :

1. Bisa dicicil dan Praktis
Melakukan pembayaran via kartu kredit sangat praktis, kita tak perlu membawa sejumlah uang tunai saat akan bertransaksi. Selain itu nominal yang kita kelurkan saat melakukan pembayaran bisa dicicil, mudah bukan?

2. Promo belanja dan reward
biasanya, kartu kredit memiliki sejumlah promo dan reward belanja untuk nasabahnya sebagai bentuk promosi dari bank. Hal ini tentu menggiurkan bukan? Ada beberapa promo yang hanya bisa kita nikmati jika kita menggunakan kartu kredit sebagai media pembayaran.

3. Belanja online makin gampang
Ditengah maraknya trend marketplace di internet, para pengguna kartu kredit sangat dimudahkan dalam melakukan tranksaksi disana. Anda bisa beli apapun yang anda mau tanpa bayar dimuka.

4. Memudahkan anggaran pengeluaran
Setiap transaksi yang anda lakukan dengan kartu kredit akan tercatat secara otomatis dalam lembar penagihan. Hal ini akan memudahkan anda untuk mengontrol akus kas keluar anda serta evaluasi keuangan diakhir bulan.

5. Dapat digunakan disaat darurat.
Tak hanya sebagai pembayar cicilan, kartu kredit juga memungkinkan anda untuk melakukan tarik tunai di ATM sehingga apabila anda membutuhkan dana darurat seperti untuk renovasi rumah, biaya pendidikan anak maupun modal usaha anda bisa gunakan fasilitas ini. Lalu adakah kekurangannya?

Nah, karena kartu kredit bersifat hutang, tentunya anda harus bijak dalam mengatur serta mengerem pembelanjaan anda agar tagihan tidak membengkak di awal bulan. Jika itu terjadi akan ada beberapa kemungkinan buruk yang bisa anda hadapi seperti berikut ini :

1. Hutang semakin menumpuk
Jika anda menggunakan kartu kredit hanya untuk membeli barang yang sama sekali tidak anda butuhkan akan menyebabkan hutang anda semakin menumpuk. Sebab terlalu sering berbelanja keperluan yang tidak penting.

2. Perilaku konsumtif yang berlebihan
Banyaknya promo yang ditawarkan oleh kartu kredit yang menarik akan membuat minat belanja masyarakat meningkat. Kartu kredit menawarkan harga yang lebih murah namun anda tetap harus bijak sebab jika terlena dengan promo, anda akan terjebak pada perilaku konsumtif yang berlebihan.

Bagaimana tips dalam menggunakan kartu kredit secara tepat?
Jika ingin menggunakan kartu kredit, ada baiknya anda merencanakan terlebih dahulu kebutuhan anda terkait kartu kredit tersebut. Berikut tips yang bisa anda coba dalam memaksimalkan serta meminimalisir dampak buruk penggunaan kartu kredit :

1. Pastikan pemasukan bulanan anda cukup
Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, pastikan terlebih dahulu bahwa anda punya cukup pemasukan untuk membayar tagihan tiap bulannya. Rencanakan sebaik mungkin sehingga tidak ada Re-alokasi keuangan atau pengalihan dana yang seharusnya untuk ini, malah jadi dana untuk membayar tagihan.

2. Rencanakan penggunaan kartu kredit anda
Setelah memastikan dapat membayar tagihan tiap bulan, ada baiknya anda merencanakan tujuan penggunaan kartu kredit anda nantinya. Apakah hanya untuk gaya gayaan atau untuk backup keuangan yang bersifat produktif. Jangan sampai Kartu kredit menambah deretan beban keuangan anda jika salah dalam menentukan tujuan penggunaan.

3. Gunakan secara cermat dan tepat guna
kartu kredit harus digunakan dengan penuh tanggung jawab, bayarlah tagihan anda tepat waktu untuk meminimalisir bunga keterlambatan serta jangan bertransaksi melebihi limit yang diberikan.

4. Gunakan kartu kredit secara bijak
Jangan tergiur untuk melakukan pembelanjaan yang tidak penting. Pastikan anda mengeluarkan uang hanya untuk kebutuhan anda saja. Hindari terjebak dalam hutang yang menyebabkan keuangan anda menjadi tidak sehat.

5. Sesuaikan limit dengan penghasilan
untuk mencegah penggunaan kartu kredit berlebihan, sesuaikan limit dengan penghasilan bulanan anda. Semisal anda berpenghasilan 10juta, akan lebih baik anda mengajukan limit 4 juta kepada Bank sehingga pengeluaran masih bisa dikendalikan dan dibayar tiap bulannya.

Apa Syarat yang harus dipenuhi dalam mengajukan Kartu Kredit?
Jika anda sudah yakin dengan pilihan Kartu Kredit, anda bisa menyimak kelengkapan yang harus anda siapkan untuk dapat mengajukannya sebagai berikut :

1. Fotokopi KTP
2. Minimal berumur 21 tahun dan berpenghasilan bersih minimal Rp. 3.000.000 per bulan
3. Fotokopi Penghasilan
4. Fotokopi NPWP
5. Fotokopi Buku Tabungan 3 bulan terakhir
6. Bagi yang sudah memiliki kartu kredit, anda harus melampirkan tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir.

Pengajuan Kartu Kredit ini bisa dilakukan secara offline dengan langsung datang ke Bank yang bersangkutan atau dengan cara online yang lebih praktis. Anda bisa gunakan fasilitas pengajuan kartu kredit online yang disedikan oleh Finfedia.

Kartu Kredit Finpedia

Kenapa harus Finpedia?
Yang pertama, Di Finpedia anda bisa melakukan pengajuan Kartu Kredit secara online dengan aman dan nyaman sebab sudah diawasi langsung oleh OJK. Jadi keamanan nya terjamin.

Yang kedua, proses dalam mengajukan Kartu Kredit terbilang mudah dan cepat. Anda tak perlu antri, tak perlu menunggu, pengajuan mandiri cepat dan mudah.

Yang ketiga, jika terdapat kesulitan dalam proses pengajuan anda bisa langsung menghubungi customer service mereka yang siap sedia membantu baik via telp maupun email.

Yang keempat, informasi yang diberikan terkait kartu kredit serta bank penyedia layanannya cukup lengkap. Bahkan anda dapat membandingkan setiap promo maupun biaya untuk masing- masing kartu kredit dari berbagai bank.

Yang kelima dan yang paling penting, akses layanan sangat mudah. Cukup mengakses ke Finpedia anda langsung bisa memilih Kartu Kredit yang anda inginkan dari bank yang anda mau, lalu mengajukannya sesuai kebutuhan anda.

https://www.finpedia.id/kartu-kredit
Pengajuan Kartu Kredit Itu Mudah, Sangat Mudah Asal Penuhi Syaratnya Pengajuan Kartu Kredit Itu Mudah, Sangat Mudah Asal Penuhi Syaratnya Reviewed by UNIKBACA COM on 09:07 Rating: 5