Langsung ke konten utama

Tissu Menghabiskan Pohon Betapa Banyak

Ternyata tissu menghabiskan pohon, bisa dikatakan penggunaan tissue dalam kehidupan sehari-hari memang terhitung praktis. Tapi pernahkah terlintas di pikiran kita bagaimana asal muasal tissue sampai bisa digunakan oleh kita sehari-hari. Tissue mulai dibuat sekitar tahun 1880-an dari bahan baku kulit kayu yang dijadikan pulp atau bubur kertas.

Sampai sekarang pun bahan baku dalam pembuatan  tissue masih menggunakan kayu. Kayu yang didapat pastinya dari hasil penebangan pohon-pohon di hutan dan pohon-pohon dalam perkebunan. Biasanya tissue di Indonesia menggunakan bahan baku dari pohon.

Sadarkah kita bahwa penggunaan tissue yang berlebihan ikut mendukung kerusakan hutan. Misalnya, dalam 1 pack terdapat 20 lembar tissue. Dan, ternyata dari 1 pohon berumur 6 tahun hanya bisa menghasilkan 2 pack tissue saja, atau 40 lembar.

Sementara, satu pohon itu bisa menghasilkan oksigen untuk menghidupi 3 orang. Bayangkan berapa jumlah orang disekitar Anda yang menggunakan tissue setiap harinya. Pasti sangat banyak. Sampai saat ini pun Indonesia sudah kehilangan sekitar 72% hutan aslinya, dan semakin hari kerusakan hutan masih tetap berlanjut.

Penggunaan tissue dapat kita minimalisir dengan beralih menggunakan sapu tangan atau handuk. Memang penggunaannya tidak sepraktis memakai tissue yang sekali pakai bisa langsung dibuang, sapu tangan harus dicuci agar dapat digunakan kembali.

Tapi lihat saja manfaat penggunaan sapu tangan selain mengurangi kerusakan hutan, kita juga membantu mengurangi penumpukan sampah. Jika dilihat dari segi produksinya, menghemat penggunaan tissue dapat mengurangi pemborosan energi dan air saat proses produksi.

Belum lagi dampak negatif lainnya dari segi kesehatan. Contoh, kita kerap menggunakan tissue untuk mengambil atau membungkus makanan, misalnya gorengan, untuk menghindari tangan kotor atau menyerap minyak yang berlebihan pada makanan tersebut.

Padahal, zat kimia yang terkandung dalam kertas tissue dapat bermigrasi ke makanan. Seperti pernah dikemukakan Sapto Nugroho Hadi, Departemen Biokimia IPB. Zat yang disebut pemutih atau klorin memang ditambahkan dalam pembuatan kertas tissue agar terlihat lebih putih dan bersih. Zat ini bersifat karsinogenetik atau pemicu kanker.

Hal yang sama juga terjadi pada kertas yang lain, entah kertas koran atau majalah, yang sering dipakai untuk membungkus makanan. Kertas-kertas ini mengandung timbal (Pb) yang bisa berpindah kemakanan karena panas makanan.Timbal yang masuk ketubuh akan meracuni tubuh dan menyebabkan beragam gangguan, dari kondisi pucat sampai lumpuh.

Postingan populer dari blog ini

Makna Tangan yang Tiba-tiba Gatal

Apa sih makna tangan yang tiba-tiba gatal ini, memang dalam dunia per klenik an atau takhayul, sesuatu yang tidak lazim kadang terjadi saat mata sering berkedip katanya bakal dapat uang banyak. Padahal mungkin saja saraf matanya rusak, haha.

Banyak sekali takhayul dan kepercayaan yang ada menjelaskan fenomena seperti ini beserta maknanya. Sahabat unikbaca yang baik serta budiman tambah lagi tidak sombong, dunia takhayul di Indonesia memang sangat kompleks.

Dikarenakan dulunya Indonesia hutan belantara yang di dalam nya banyak terdapat hantu-hantu dan setan bersemayam. Setiap orang pasti pernah merasakan gatal di tangannya baik sebelah kiri maupun sebelah kanan.

Menurut kepercayaan kuno, ternyata tangan yang gatal itu memiliki arti tersendiri, lagi-lagi ini hanya sebuah kepercayaan kuno, tidak untuk dipercayai keyakinannya.

Tangan Kanan Gatal
Tangan kanan gatal biasanya menandakan akan adanya rejeki yang diterima. Beberapa kali saya merasakan tangan kanan yang gatal dan tidak berapa l…

Kamus Lengkap Bahasa Bencong Lucu Abis, Cobadeh Baca Lucu Juga

Mau tahu kamus bahasa bencong, apa-apa saja yang sering diucapkan bencong, kata-kata bencong yang ada di pasaran, ini dia kami sajikan kamus lengkap bahasa bencong. Ngomong-ngomong tentang bahasa bencong, kata BENCONG itu dibentuk dari kata BANCI yang disisipi bunyi dan ditambah akhiran ONG. Huruf vokal pada suku kata pertama diganti dengan huruf E.

Huruf vokal pada suku kata kedua diganti dengan ONG. Bagi sahabat yang merasa macho dan keker jangan coba-coba menggunakan bahasa ini untuk berkomunikasi dengan teman-teman anda tentunya. Daftar bahasa ini hanya boleh digunkan dalam habitat aslinya, tidak untuk anak kecil dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Karena bahan mudah terbakar dan besifat racun.

Misalnya:
Makan - mekong
Sakit - sekong
Laki - lekong
Lesbi - lesbong
Mana - menong
pokoknya serba NONG

Ada juga waria atau bences yang kemudian ngeganti tambahan ONG dengan ES sehingga bentuk katanya menjadi:

Banci - bences
Laki - lekes
Akika = Aku
Begindang = Begitu
Belalang = Beli
Be…

Naik Pesawat Implan Payudara Wanita Meledak

Karena melakukan perjalanan naik pesawat, implan payudara wanita ini meledak. Implan payudaranya meletus akibat tak mampu menahan perbedaan tekanan di pesawat. Irena D mungkin menyesal pernah melakukan operasi implan payudara.

Bukan hanya lantaran harus membayar mahal, tapi operasi perbesaran hingga ukuran F itu justru membuatnya kehilangan payudara dan jatuh sakit. Seperti dikutip dari The Register, wanita asal Rusia itu harus menjalani perawatan intensif setelah melakukan penerbangan dari Moskow ke California.

Implan payudaranya itu meletus akibat tak mampu menahan perbedaan tekanan di pesawat, selama penerbangan. Wanita 45 tahun itu menderita sakit luar biasa saat transit di bandara Los Angeles. Kondisinya gawat saat turun dari sebuah pesawat Aeroflot Boeing 767-300 yang mengangkutnya. Setelah pemeriksaan intensif, dokter mengatakan bahwa sakit itu akibat letusan implan.

Meski demikian, seorang ahli bedah mengatakan, "Kemungkinan besar wanita itu sudah memiliki masalah denga…