Ads Top

Hewan Sebelum Dinosaurus, Lebih Tua Dari Dinosaurus, Mau Tahu Hewan Apa

Hewan sebelum Dinosaurus, ini beberapa makhluk aneh yang hidup sebelum saat Dinosaurus atau di sebut dengan Periode Permian. Periode Permian berjalan 290-248 juta tahun waktu lalu dan menjadi periode paling akhir dari Masa Paleozoikum.

Hewan Sebelum Dinosaurus

Peralihan pada masa Paleozoikum serta Mesozoikum berlangsung pada akhir masa Permian jadi pernyataan atas kepunahan massal paling besar yang terdaftar dalam histori kehidupan di Bumi.

Hal semacam ini memengaruhi banyak golongan organisme dalam lingkungan yang berlainan dan begitu memiliki pengaruh pada orang-orang laut yang mengakibatkan kepunahan beberapa besar invertebrata laut dari waktu.

Kelompok-kelompok yang selamat dari kepunahan Permian amat sedikit, namun mereka tidak pernah kembali menjangkau dominasi ekologis yang sempat mereka punyai, membuka jalan untuk golongan lain kehidupan laut. Di darat, kepunahan yang relatif lebih kecil dari diapsids serta synapsids membersihkan jalan untuk bentuk-bentuk lain mendominasi, serta mengakibatkan apa yang dimaksud "Jaman Dinosaurus".

Selain itu, hutan besar tanaman pakis seperti berubah ke gymnosperma, tanaman dengan keturunan mereka tertutupi didalam benih. Tumbuhan runjung modern, yakni gymnosperma yang paling akrab sekarang ini, pertama kalinya keluar dalam catatan fosil dari periode Permian.

Secara keseluruhan, Permian yaitu waktu yang paling akhir untuk sebagian organisme dan menjadi titik utama untuk organisme lain, dan kehidupan di bumi tidak sempat sama lagi.

Nautillus
Nautilus, seperti gambar di atas ini berenang di salah satu perairan di Palau, Mikronesia, nautiluses pertama kalinya keluar sepanjang periode Permian dan menjadi segelintir organisme yang dapat bertahan hidup sesudah kepunahan luas yang menyapu nyaris 95 % dari kehidupan di bumi kurang lebih 250 juta tahun yang lalu.

Nautillus

Lystrosaurus
Gambar di atas tunjukkan Lystrosaurus sedang mencari makan di dekat sungai. Muka yang rata dengan paruh serta dua gigi yang menyerupai taring, Lystrosaurs yaitu synapsids, binatang yang keluar di masa Permian dan menjadi nenek moyang mamalia.

Lystrosaurus

Dasar Laut Permia
Benua super Pangaea terwujud pada periode Permia, di mana laut dangkal di seputar daratan yang besar tawarkan tempat tinggal untuk kehidupan yang beragam macam. Gambar di atas yaitu diorama di University of Michigan Museum of Alami History memperlihatkan sebagian flora dan fauna yang tumbuh di laut Permian, termasuk juga trilobita, gastropoda, kerang, nautiluses, dan karang.

Dasar Laut Permia

Dimetrodon
Seekor Dimetrodon berpunggung seperti monitor sedang berjalan di dalam lansekap Permian dalam contoh di atas ini. Predator ini primitif, walau berpenampilan seperti dinosaurus, sesungguhnya dipandang menjadi pelopor mamalia. Beberapa ilmuwan memiliki pendapat sirip besar di punggung mereka dipakai untuk mengatur suhu tubuh.

Dimetrodon

Ahli Paleontologi Dengan Fosil
Ahli Paleontologi (dari kiri) Stuart Sumida, David Berman, serta Thomas Martens mengecek sisa-sisa fosil pabsti Orobates muda, seekor reptil herbivora kuno yang hidup kurang lebih 290 juta tahun waktu lalu pada awal periode Permian.

Ahli Paleontologi Dengan Fosil

Fosil ini diketemukan pada tahun 2006 di Jerman pada tambang Bromacker, salah satu website dunia yang paling produktif untuk temukan fosil jaman permia.
Hewan Sebelum Dinosaurus, Lebih Tua Dari Dinosaurus, Mau Tahu Hewan Apa Hewan Sebelum Dinosaurus, Lebih Tua Dari Dinosaurus, Mau Tahu Hewan Apa Reviewed by UNIKBACA.COM on 17.29 Rating: 5