Jangan Sepelekan Luka Sayat, Lakukan Pertolongan Segera

Anda pernah mengalami luka sayat? Lalu bagaimana cara anda menanganinya? Kebanyakan orang tidak terlalu peduli dengan pertolongan luka sayat. Hal ini dikarenakan luka sayat tergolong luka cukup ringan sehingga banyak yang membiarkannya atau langsung menutup luka dengan plester.

Jangan Sepelekan Luka Sayat

Padahal walaupun luka yang ditimbulkan tergolong kecil, luka sayat juga harus menjadi perhatian. Penanganan yang salah akan menyebabkan luka terinfeksi sehingga dapat memicu luka yang lebih besar dan berbahaya. Sehingga anda semua wajib mengetahui penanganan luka sayat yang tepat agar pencegahan infeksi dapat segera ditangani.

Luka sayat memiliki ukuran yang bermacam-macam, ada yang hanya beberapa mili hingga yang memanjang beberapa senti. Luka sayat yang panjang tidak cukup ditangani hanya menggunakan plester. Jika panjang luka lebih dari 1 cm maka maka harus dilakukan penjahitan luka.

Hal ini diperlukan untuk mencegah kuman dan bakteri masuk kedalam luka. Selain itu perawatan dan penangan luka harus dan benar tepat. Berikut penjelasan selengkapnya:

• Hal pertama yang harus dilakukan untuk melakukan pengobatan luka sayat yaitu memberi tekanan di daerah sekitar luka selama 10 menit untuk menghentikan pendarahan.

• Setelah darah berhenti, baru anda bisa mencuci luka dengan sabun lembut selama 5 menit untuk menghilangkan kuman yang masih menempel. Setelah bersih baru anda bisa mengoleskan salep antibiotik dan menutup luka dengan perban. Perlu diingat bahwa perban harus diganti setiap hari untuk mencegah berkembangnya kuman dari luka.

• Dalam melakukan perawatan luka sayat, masih banyak orang-orang yang salah kaprah dan melakukan hal-hal yang sebenarnya memperparah luka.

Lalu apa saja hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam merawat lecet? Pertama, hindari menggunakan alkohol untuk membersihkan luka. Alkohol dapat merusak jaringan. Kedua jangan menghisap luka yang terbuka karena bakteri dan kuman dari mulut akan berpindah menuju luka dan semakin memperparah keadaan.

Demikian pemaparan mengenai penanganan luka sayat yang tepat dan efektif. Hindari menyepelekan  luka sedikitpun, karena bisa jadi luka besar timbul karena luka kecil yang tidak tertangani dengan baik.
Jangan Sepelekan Luka Sayat, Lakukan Pertolongan Segera Jangan Sepelekan Luka Sayat, Lakukan Pertolongan Segera Reviewed by UNIKBACA COM on 12:22:00 AM Rating: 5